Rekomendasi Niche Blog Apa Saja?

Banyak blogger yang memandang remeh weblog bahasa Indonesia. Alasannya? CPC adsense kecil. Saya dulu termasuk salah satu yang beranggapan begitu.

Ngga dapat dipungkiri kalau CPC adsense weblog indo memang kecil sih. Weblog saya dalam kondisi regular biasanya cuma dapet CPC adsense 0,02-0,07 greenback saja. Beda banget dengan CPC adsense weblog luar yang rata-rata di atas 0,1 dolar. Di area of interest tertentu sering pula dapat CPC di atas 1 dolar.

rekomendasi-niche-blog-apa-saja

Berikut adalah beberapa kelebihan blog indo:

  1. Konten artikel karena bahasa Indonesia, penulisan artikel lebih gampang. Mau pakai jasa artikel pula banyak, dengan harga terjangkau.
  2. Kompetisi banyak key phrase yang di weblog luar harus berdarah-darah kompetisinya, di goal indo relatif gampang.
  3. Potensi. Pengguna web di Indo, semakin tahun semakin besar. Dengan jumlah penduduk termasuk terbanyak di dunia, ini potensial banget.

Dari segi monetize pula lebih banyak. Jika kita ngga terpaku ke adsense aja, banyak celah monetize yang dapat dimanfaatin dan hasilnya lumayan.

Rekomendasi Niche Blog Indonesia


Pertanyaan nya, apa rekomendasi niche blog Indonesia yang potensial?

Ini salah satu hal yang sering muncul saat saya chatting di FB dengan rekan blogger lain, khususnya berkaitan dengan monetize bkig memakai adsense.

Dari beberapa niche yang saya ambil, sejauh ini niche blog di Indonesia dengan nilai CPC adsense bisa lumayan:

  1. Finance (foreign currency trading, saham)
  2. Rumah, apartement ( ideas, inside, dll)
  3. Wisata
  4. Kesehatan
  5. Tekno (ideas, evaluation)

Berapa CPC adsense dari niche di atas?

Jujur aja sih, kadang turun naik. Kadang CPC adsense cuma 0,02 dolar, kadang sampai 0,07-0,2 dolar tapi sejauh ini niche di atas bisa sering memperoleh CPC di atas 0,04 dolar. Jadi sejauh ini saya pikir lumayan lah.

Sedikit dong hasil adsense dari blog indo?
Kalau dari 1-2 blog aja mah memang kurang sih dibanding blog luar. Tapi sih bisa banyak blog indo, hasilnya lumayan pula kok.

Sebagai tambahan, sering pula di niche tertentu naik drastis pada second tertentu. Misalnya saja niche wisata. Biasanya naik 100% sampai 500% saat libur panjang, liburan panjang, atau masa khusus seperti lebaran dan tahun baru.

niche tekno pula sering dapet kenaikan drastis saat jelang lebaran, harbolnas, dll. Di niche lain pula suka ada pola kenaikan di waktu tertentu. Dan, di masa kenaikan ini, hasil adsense pula biasanya naik bisa drastis.

Weblog gado-gado banyak niche apakah hasilnya besar?

Saya lihat banyak blog dengan isi banyak niche gado-gado, memiliki traffic gede banget. Versi ahrefs, traffic blog-blog tersebut antara 1 juta sampai 4 juta customer/bulan. Silahkan cek sendiri di jenis keyword informasi dengan quantity besar seperti contoh surat lamaran kerja, dan sejenisnya.

Tips Tambahan Memilih Niche Blog

Berikut ini sedikit tips tambahan sepengalaman saya di blog indo.

Cara Monetize Blog

Umumnya blogger monetize blognya dengan adsense saja. Mungkin dapat coba menambahkan cara monetize lain seperti:

  • Affiliate produk, market, jasa, dll
  • Menyisipkan jualan barang atau jasa
  • Membuka layanan publish evaluation
  • Menerima iklan mandiri di weblog
  • Menggabungkan monetize lain seperti MGID, CPA, dan sejenisnya

Hasilnya ngga kalah dari adsense, bahkan dapat jadi lebih besar.

Structure Blog

Ini salah satu hal yang sering saya perhatikan. Optimalkan tampilan blog sesuai system yang dipakai oleh visitor. Banyak mana visitor dari hp dengan desktop? cek di traffict analytics yang digunakan. Sesuaikan tampilan blog kita nanti.

Misalnya saja 80% customer datang dari hp. Sesuaikan tampilan blog misalkan mengurangi komponen di sidebar, atau bahkan tanpa sidebar.

Optimasi Iklan

Jika memakai adsense, coba testing pula penempatan iklannya sampai ketemu hasil CTR yang optimum. Misalnya saja:

  • setting font tertentu
  • memakai warna font yang kontras dengan format internet, atau malah sama dengan format internet.
  • memakai auto advertisements
  • temukan jumlah iklan dengan hasil yang optimum.
  • gunakan jenis match content material advertisements
  • gunakan layanan semacam ezoic, lalu copy hasil optimasinya secara guide di weblog.

Sering kali blog punya cara optimasi yang berbeda. Silahkan tes saja.

Index Blog dan Web page Speed

Ini sepintas ngga penting, tapi saya bisa sering nemu blog yang tidak semua artikelnya terindex. Malah suka ada weblog yang ke blok indexnya dari robots txt, entah sengaja atau tidak.

Ya rumusnya ginia aja sih:

  • Tidak terindex = tidak ada di search engine = tidak ada visitor yang datang ke artikel tersebut.
  • Kecepatan loading internet pula bagusnya diperhatikan pula. Semakin cepat loadingnya, semakin bagus.

Gunakan https untuk blog anda

Buat saya mah ini wajib. Selain jadi salah satu rating faktor dari google, berguna banget untuk mencegah blog dari hijack iklan dari supplier web seperti indihome, telkomsel, xl, dll.

Adna dapat menggunakan https gratisan dari blogger, let's encript, dan cloudflare

Sambungkan Adsense dengan Google Analytics

Kalau memakai google analytics untuk monitoring visitor, coba sambungkan pula dengan adsense. Ntar kita dapat lihat artikel mana saja yang menyumbangkan hasil adsense yang terbesar.

0 Response to "Rekomendasi Niche Blog Apa Saja?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel