Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Daftar Isi [Buka]
Hallo  berikut adalah artikel Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi - Hal yang membuat kesal ketika dikejar deadline tugas atau pekerjaan adalah saat ada bagian keyboard laptop yang tidak berfungsi. Pasti masalah ini akan menghambat tugas atau pekerjaan anda dan cukup membuat anda lelah.

Maka dari itu, Isky Blog akan memberitahu anda bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Kenali Kegunaan Keyboard

Keyboard merupakan salah satu Hardware yang memiliki peran penting. Adapun beberapa fungsi keyboard yang tidak anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • Fungsi paling utama tentu saja sebagai kebutuhan mengetik & menghasilkan sebuah dokumen.
  • Mampu menjalankan sebuah perintah pada sistem secara cepat. Contohnya menampilkan menu saat anda menekan tombol windows.
  • Sebagai alternatif jalannya kerja komputer ketika mouse atau touchpad tidak berfungsi.
  • Memiliki banyak kode keyboard di tombol - tombol yang memudahkan anda untuk mengoperasikan komputer atau laptop.

Dampak Kerusakan Pada Keyboard

Dalam pekerjaan anda sehari-hari, penggunaan keyboard laptop sangatlah penting dikarenakan keyboard sering digunakan tentu saja kualitas keyboard menjadi berkurang. Salah satunya yaitu keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Selain itu terdapat dampak kerusakan lain ketika keyboard laptop  atau komputer anda rusak, yaitu sebagai berikut:

  • Jika keyboard sudah mengalami kendala seperti hanya sebagian aja yang berfungsi, biasanya ditandai dengan ketika anda menekan tombol pada keyboard, namun tetap tidak bisa memunculkan huruf ataupun angka / ketika anda mengetik tombol "A" pada keyboard akan tetapi malah huruf "S" lah yang keluar.
  • Bila sebelumnya keyboard rusak sebagian, dapat pula keyboard sama sekali bukan berfungsi. Kendala ini bisa dikatakan yang paling fatal bagi keyboard laptop anda.
  • "Ghost Typing" ataupun keyboard yang mengetik sendiri. Kondisi ini tentu saja sangat menjengkelkan ketika anda sedang mengejar deadline. ghost typing ini biasanya ditandai secara aktivitas keyboard yang berjalan otonom, tanpa kita ketik tombol pada keyboard.
  • Kerusakan Keyboard akibat Korsleting atau hubungan arus pendek mampu memengaruhi kerusakan pada laptop. Laptop anda nanti akan blank secara tiba-tiba.
  • Keyboard yang rusak jika dibiarkan dalam waktu lama, dapat merambat kerusakan pada komponen lain secara fatal. Kerusakan utama yang terjadi ada di software dari laptop tersebut sendiri.
  • Terdapat jenis laptop yang menggunakan keyboard berupa tombol power. Jika kerusakan terjadi pada tombol itu, pastinya laptop tidak akan bisa masuk Windows. Sedangkan jenis Laptop tersebut membutuhkan tombol ini terlebih dahulu untuk bisa booting dan masuk ke windows. Namun, apa jadinya jika tombol tersebut tidak berfungsi? Pastinya membuat laptop menjadi tidak berguna.

Jika dilihat dari hasil kerusakan pada keyboard, dapat dikatan bahwa keyboard menjadi bagian laptop yang rentan rusak.

Apabila ada tombol keyboard laptop tidak berfungsi, bisa jadi karena terdapat masalah pada software / hardware. Pada artikel ini, akan kami infokan bagaimana cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Total

Di setiap permasalahan tentang komputer atau laptop, pertanyaan yang pertama harus muncul adalah apakah ini masalah hardware atau software? Setelah mendapat jawabannya, barulah tahap troubleshooting dapat dikerjakan beserta efisien. Berikut adalah, langkah-langkah untuk mengetahui sumber masalahnya:

1. Pastikan driver terinstal dengan sempurna


  • Masuk ke Start Menu
  • Klik Control Panel
  • Klik Hardware and Sound
  • Klik Device Manager
  • Klik tanda panah di sebelah kiri Keyboards.
  • Jika ia menunjukkan tanda seru berwarna kuning, berarti driver sedang bermasalah.
  • Klik kanan di driver keyboard tersebut.
  • Klik Update Driver Software.

2. Jangan kunci Ease Of Access Center


  • Masuk ke Control Panel.
  • Klik Ease of Access.
  • Perhatikan bagian Ease of Access Centre yang ada pada control panel.
  • Klik Make the keyboard easier to use.
  • Uncheck all pada set up filter key.

3. Lepas keyboard dan tukar


  • Buka youtube, dan ketik Remove keyboard + [tipe laptop anda] pada kolom pencarian untuk tutorial melepas keyboard laptop.
  • Lepaskan juga keyboard laptop lain, lalu pasang di laptop anda dan coba gunakan.
  • Kalau tidak berfungsi, berarti masalahnya bukan di keyboard anda (mungkin di laptop atau software).
  • Kalau keyboard barunya berfungsi dengan baik, berarti ada masalah di keyboard anda.
  • Coba juga pasang keyboard anda ke laptop lain. Kalau tetap tidak bisa, berarti terbukti ada masalah di hardware keyboard anda.

Kalau ternyata memang ada masalah pada hardware keyboard anda, solusinya simpel yaitu membeli keyboard yang baru. Harganya biasanya murah, karena banyak barang KW nya. Kalau anda mau cari yang asli, biasanya harus menunggu pengiriman dari pusat dan harganya mahal.

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Kehadiran keyboard pada komputer atau laptop tidak dapat dipisahkan. Ketika keyboard tidak berfungsi, anda sebagai pengguna laptop pasti dipusingkan. Keyboard yang tidak berfungsi beberapa saja bisa menghambat pekerjaan anda.

Biasanya masalah pada keyboard disebabkan seringnya laptop digunakan atau menggunakan laptop selama berjam-jam. Meskipun keyboard komputer atau laptop yang bermasalah hanya sebagian, tetap saja hal ini harus diatasi sesegera mungkin.

Berikut beberapa ciri-ciri keyboard laptop tidak berfungsi yang harus anda tahu:

  1. Beberapa tombol tidak dapat berfungsi.
  2. Tombol tertekan sedikit saja namun muncul terus ketika lembar kerja dibuka.
  3. Ketika laptop dihidupkan, terdengar bunyi beep yang tidak biasanya muncul.
  4. Laptop mau hidup bila harus dibantu tombol enter atau lainnya supaya booting Windows.
  5. Huruf tidak muncul meskipun telah ditekan.
  6. Huruf yang ditekan tidak sesuai dengan tombol huruf.

Ketika anda sudah tau penyebab keyboard tidak berfungsi maka segeralah perbaiki. Berikut langkah untuk mengatasi keyboard yang rusak:

  1. Cek tombol yang tidak berfungsi terlebih dahulu.
  2. Lepaskan tombol pada keyboard yang tidak berfungsi dengan hati-hati (bisa cek youtube untuk tutorial).
  3. Tekan socket yang sudah dilepas tombolnya. Kalau berfungsi berarti tidak ada masalah yang serius.
  4. Semprotkan hair dryer pada socket untuk membuang kotoran dan mengeringkan cairan.
  5. Setelah dibersihkan, kembali pasang tombol yang tadi tidak berfungsi.
  6. Cek kembali apa sudah dapat berfungsi dengan normal.

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows

Buat anda yang memakai sistem operasi dan keyboardnya tidak berfungsi dengan baik apa lagi ketika sedang asik-asiknya mengetik tiba-tiba tulisan jadi berantakan karena ada satu atau beberapa bagian pada keyboard yang rusak pasti anda merasa kesal sekali.

Banyak yang pernah mengalaminya termasuk saya sendiri namun tidak bisa menyelesaikan sendiri dan akhirnya saya membeli baru keyboard tersebut :(

Coba bayangkan ketika deadline di depan mata, tugas yang anda kerjakan seketika terhapus sendiri. Padahal anda tidak menekan tombol backspace ataupun delete pada waktu itu.

Karena panik, anda pun merestart laptop anda berkali-kali, berharap urusan yang sebelumnya anda kerjakan kembali seperti semula.

Bukannya lebih baik, anda malah mendapati tombol keyboard yang tidak berfungsi seperti seharusnya. Berikut adalah beberapa penyebab pada umumnya:

  1. Kesalahan dalam mengkonfigurasi Windows 10.
  2. Kerusakan pada driver keyboard.
  3. Tombol keyboard tertekan sendiri.

Perlu anda ketahui bahwa keyboard laptop biasanya mempunyai karakter yang telah dicetak di dalam tombol sesuai dengan simbol yang telah ditulis.

Hanya saja jika menginginkan hasil terbaik, perlu kombinasi antar angka, tombol, & karakter, agar laptop menjalankan perintah yang diberikan.

Sebenarnya ada cara untuk mengetahui apakah keyboard tersebut baik-baik saja / sedang mengalami masalah. berikut caranya:

  • Download dan instal aplikasi KeyboardTest dari Passmark Developer
  • Tekan semua keyboard yang ada pada laptop
  • Bila muncul warna hijau, berarti seluruh tombol mampu berfungsi dengan normal
  • Jika warna yang muncul adalah merah maka telah terjadi kerusakan pada keyboard laptop, bisa saja karena ada satu tombol yang berjalan sendiri tanpa diperintah

Untuk mengatasi hal tersebut, pertolongan pertamanya adalah dengan membersihkan tombol keyboard. Lepaskan terlebih dahulu dengan hati-hati tomobl-tombol pada keyboard anda setelah itu bersihkan tombol tersebut.

Perhatikan juga ada kotoran yang menempel pada keyboard dan PCB, gangguan kecil apapun itu bisa menyebabkan tombol pada keyboard tidak berfungsi dengan baik di karenakan tombol pada keyboard yang sangat sensitif dengan sentuhan

Perlu anda pahami bahwa keyboard di laptop mempunyai resiko rusak lebih besar dibanding keyboard eksternal jadi, anda mesti mampu merawatnya dengan baik agar awet selama digunakan.

Jujur aja sih saya pernah ganti keyboard laptop sampe 5x :( maka dari itu anda rawatlah keyboard laptop anda berikut tips agar keyboard laptop anda awet:

  1. Usahakan untuk tidak menekan tombol keyboard terlalu keras.
  2. Jangan biarkan keyboard terkena debu apalagi air.
  3. Ketika bermain game, usahakan gunakan joystick ketimbang keyboard.
  4. Bersihkan keyboard secara rutin.

Jadi kalo keyboard pada laptop anda tidak berfungsi dengan baik jangan langsung panik, biasanya masalah itu tidak serius dan dapat di selesaikan dengan usaha.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian ya agar teman kalian tau cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Terima kasih, Isky Blog
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.