Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot di Android dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Daftar Isi [Buka]
Mengambil gambar pada layar atau yang dikenal dengan Screenshot ternyata sangat gampang dilakukan pada smartphone android, dengan hitungan detik gambar layar telah dapat disimpan, trik ini berbeda dengan cara mengambil screenshot pada komputer atau laptop computer.

Sekarang ini banyak sekali orang lebih suka melakukan transaksi atau berkomunikasi melalui smartphone android, sehingga banyak pula yang memakai fitur screenshot sebagai barang bukti transaksi atau yang lainnya. Seperti yang diketahui bersama android didukung dengan berbagai aplikasi yang dapat membantu kebutuhan sehari-hari.

cara-screenshot-di-android-dengan-mudah


Saya sendiri mengambil screenshot di android untuk mengambil bukti switch atau keperluan untuk membuat tutorial. Android sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan, sebagai alat komunikasi yang bisa canggih didukung dengan aplikasi messenger yang dapat digunakan untuk mengirim file atau melakukan video name.

CARA SCREENSHOT DI HP ANDROID TANPA APLIKASI

Mengambil screenshot gambar di semua hp android dapat dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan baantuan aplikasi, yang kedua tanpa bantuan aplikai. Kali ini saya akan berbagi tutorial singkat cara mengambil screenshot pada android tanpa aplikasi, karena smartphone android sendiri telah dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengambil screenshot.

CARA SCREENSHOT DI HP SAMSUNG GALAXY

Pada smartphone ssampung tipe galaxy untuk mengambil screenshot sangatlah gampang, karena bisa dengan satu langkah. Silahkan siapkan terlebih dahulu layar yang ingin anda screenshot, kemudian tekan tombol energy dan tombol house secara bersamaan sampai muncul tampilan layar berkedip, maka akan secara otomatis mengambil gambar layar android dan tersimpan pada memori.

CARA SCREENSHOT DI ANDROID DENGAN HP OPPO

Seperti yang dikenal bersama, smartphone OPPO merupakan android yang kaya fitur gesekan layar, seperti memutar musik dll. Nah, untuk mengambil screenshot pula dapat dengan gesekan layar saja. Caranya bisa gampang yaitu dengan meletakkan three jari pada layar lalu tarik kebawah pelan-pelan. Maka akan secara otomatis mengambil gambar layar atau screenshot.

Jika tidak dapat screenshot, coba cek dulu apakah fiturnya telah diaktifkan atau belum, caranya cek pada menu Display screen on Gesture lalu aktifkan fitur Gesture Screenshot. Dengan mengaktifkan fitur ini maka anda bisa dengan memakai three jari.’

CARA MENGAMBIL SCREENSHOT PADA ANDROID ASUS ZENFONE

Ada 2 cara yang dapat anda lakukan.
  1. Tekan dan tahan tombol Energy & tombol Quantity Down (-) selama kurang lebih three detik. Maka akan secara otomatis gambar layar tersimpan.
  2. Silahkan pilih menu Software kemudian pilih Setting lalu pilih ASUS custom-made kemudian Pilih Key settings lalu Faucet and maintain to get screenshot terakhir Pilih display screen yang mau di seize dengan cara Tekan dan tahan icon sebelah kanan tombol house untuk mengambil screenshot.

CARA SCREENSHOT ANDROID LENOVO, XIAOMI, SONY, ADVAN, DLL

Caranya sama dengan smartphone asus yaitu dengan cara tekan dan tahan tombol power & tombol Quantity Down (-) kurang lebih three detik. Gambar akan secara otomatis tersimpan pada memori android.

CARA MENGAMBIL SCREENSHOT DI ANDROID DENGAN APLIKASI

Trik yang terakhir sebagai tambahan saja jika anda merasa kesulitan dengan trik diatas, yaitu dengan bantuan aplikasi free of charge yang dapat anda dapatkan di google play retailer.
  1. Display screen Seize – Sigourney
  2. Screenshot – Display screen Grabber
  3. Okay Screenshot
  4. Silahkan obtain dari play retailer dan mulai untuk mengambil screenshot. Caranya bisa gampang, silahkan instal dan menyetel settingan sesuai yang anda inginkan.
Demikian informasi singkat tentang screenshot android. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu baru. Selamat mencoba.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.