Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Google AdSense?

Daftar Isi [Buka]
Apa Itu Google AdSense?

Apa Itu Google AdSense? Bagi kalian yang pemula, atau kalian yang ingin belajar banyak tentang Adsense, Saya ingin menjelaskan sedikit tentang Google Adsense program, dan bagaimana cara kerjanya. Walaupun pada dasarnya Google Adsense sangat simpel dan mudah dipelajari, namun ada beberapa aspek penting yang kadang diabaikan oleh para pemula. Apa sebenarnya Google Adsense itu?


Tentu saja, semua orang sekarang tahu tentang Google. Sebuah perusahaan yang terkenal dengan search engine-nya di internet, namun selain itu, Google juga mempunyai banyak layanan lainnya, salah satunya adalah Google Adsense.
Google Adsense adalah sebuah sistem/program yang memungkinkan kalian untuk menghasilkan uang hanya dengan meng-copypaste-kan beberapa baris kode javascript ke dalam website kalian. Simpel sekali bukan?
Di jaman sekarang, sangatlah mungkin untuk mendapatkan uang dari Internet. Kalian bisa mendapatkan dollar tanpa harus mempunyai toko, atau bisnis yang berwujud di dunia nyata, tanpa harus menginvestasikan uang ke dalam skema bisnis abal-abal macam MLM. Dan bahkan tanpa harus keluar dari rumah. Google Adsense membuat semua itu sangat mungkin untuk dilakukan.
Jika kamu meng-copypaste-kan Adsense code di salah satu halaman website-mu, maka iklan akan muncul pada halaman dimana kamu menaruh kode Adsense tersebut. Saat iklan sudah muncul pada website kalian, maka saat itu juga kalian sudah resmi menjadi Google Adsense Publisher (penayang iklan).
Jika ada pengunjung mengklik salah satu iklan yang ditampilkan di website kalian, Google akan membayarmu dengan uang. Namun jumlahnya tidak menentu, bisa jadi satu sen, atau beberapa sen per klik (1 sen = 100 rupiah). Tapi di beberapa kasus bisa jadi jumlahnya menjadi beberapa puluh sen (beberapa ribu rupiah) atau bahkan 1 dollar atau lebih untuk satu klik.
Google Adsense adalah cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari Internet, sehingga saya sangat menyarankan siapa saja yang ingin mendapatkan uang dari Internet agar segera mendaftarkan akun di Google Adsense.

Tantangan

Lalu, apakah tantangannya? Tentu setelah kalian membaca paragraf di atas, sepertinya terdengar sangat mudah dan simpel. Tenang saja, di sini saya akan menjelaskan beberapa point paling penting dalam bermain Google Adsense.
“The Google Adsense” program hanya cocok untuk orang-orang yang siap bekerja keras dengan cara yang baik dan jujur. Jika kalian bertanya, “Kalau begitu saya harus menggunakan etika dalam bermain Adsense?” Jawabannya, Yup, benar sekali.
Uang tidak akan tumbuh di pohon. Uang juga tidak akan begitu saja turun dari langit saat kalian menjentikkan jari. Kalian juga tidak akan pernah menemukan sekarung uang hanya dengan berjalan kaki sampai ke ujung pelangi.
Uang adalah komoditas yang dicari oleh semua orang, karena itu kalian harus bekerja dan berusaha untuk mendapatkannya.
Hal itu kurang lebih berlaku juga pada Google Adsense program, karena uang-uang yang dibayarkan kepada kalian lewat Google Adsense berasal dari pengiklan. Para pengiklan menginvestasikan uang mereka supaya iklan-iklan mereka bisa tampil pada website kalian. Dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung website yang benar-benar tertarik pada produk atau jasa yang mereka tawarkan.
Maka dari itu, jangan pernah berpikir untuk mengklik iklan kalian sendiri, ataupun menyuruh orang lain untuk mengklik iklan pada website kalian. Barangkali ini adalah aturan paling penting dalam Adsense. Dengan melakukan klik palsu, itu sama saja kalian telah mencuri uang dari para pengiklan yang telah menginvestasikan uangnya ke Google Adsense program. Google Adsense 100% bergantung sepenuhnya kepada para pengiklan, coba bayangkan apabila para pengiklan itu lantas tahu kalau ternyata uang mereka dicuri lewat cara-cara yang merugikan (seperti klik palsu). Mereka tidak akan lagi mempercayai Adsense, dan jika tidak ada pengiklan, maka tidak akan ada Google Adsense.
Semua yang boleh kalian lakukan, dan yang tidak boleh kalian lakukan dalam bermain Adsense sudah dijelaskan secara rinci pada Google AdSense Terms and Conditions dan Google AdSense Program Policies.
Saat kalian bergabung ke dalam Adsense program, kalian harus membaca dan mengerti aturan-aturan tersebut, dan senantiasa mengingatnya dan mempraktekkannya. Google sangat menjunjung tinggi aturan-aturan yang ada pada AdSense Terms and Conditions dan AdSense Program Policies. Jika kalian tidak mentaatinya, cepat atau lambat Google akan tahu, dan Google akan menendang kalian keluar dari Adsense program (di-banned). Kadang tanpa peringatan apapaun dan tanpa membayar kalian sepeserpun. Google hanya ingin berbisnis dengan webmaster yang baik dan jujur, dan memang seharusnya begitu.
Sekarang, apabila kalian adalah webmaster yang benar-benar serius dan ingin mendapatkan uang dari website kalian dengan cara yang jujur, saya sangat merekomendasikan kalian untuk mendaftar di Google AdSense sekarang juga! Siapa yang tahu berapa banyak dollar yang bisa kalian dapatkan
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.