Cara Transfer dan Edit Foto Android di Windows 11

Windows 11 kini memungkinkan Anda untuk langsung mentransfer foto dan screenshot dari ponsel Android sesaat setelah Anda mengambilnya. Dengan sedikit pengaturan, Anda tidak perlu menggunakan kabel atau aplikasi pihak ketiga untuk mentransfer foto. Anda dapat langsung mulai mengedit foto yang telah ditransfer di desktop Windows Anda.

Cara Menghubungkan Ponsel Android ke PC Windows Anda

Cara-Transfer-dan-Edit-Foto-Android-di-Windows-11



Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu menghubungkan ponsel Android Anda ke PC Windows menggunakan aplikasi Link to Windows di Play Store.

  1. Sekarang di perangkat Windows Anda, buka Pengaturan. Pergi ke "Bluetooth & Perangkat." Kemudian pergi ke "Perangkat Mobile."
  2. Aktifkan opsi "Allow this PC to access your mobile devices". Kemudian, di sebelah kanan "Mobile Devices," pergi ke "Manage Devices".
  3. Anda mungkin akan diminta untuk menggunakan akun Microsoft Anda untuk pengaturan ini. Jika demikian, pilih akun yang sedang Anda gunakan saat ini dan tekan tombol "Lanjutkan". Anda juga dapat memilih akun Microsoft yang berbeda jika diperlukan.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat jendela baru ketika Anda menekan tombol "Manage Devices" lagi. Kali ini, Anda perlu menambahkan perangkat. Untuk itu, tekan tombol "Add Device".
  5. Anda akan diberikan kode QR. Pindai kode QR menggunakan ponsel Android yang ingin Anda hubungkan ke PC.
  6. Setelah memindai kode QR, Anda akan melihat jendela baru yang menampilkan kode rahasia.
  7. Di ponsel Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan kode ini pada aplikasi Link to Windows. Ketikkan kode tersebut dan tekan tombol "Lanjutkan".
  8. Kembali ke PC Anda. Buka Settings > Bluetooth & Devices > Mobile Devices. Buka lagi pengaturan "Manage Devices." Anda akan melihat model perangkat Android Anda di sana. Geser tombol di sebelah kanan nama perangkat Anda untuk mengaktifkannya jika belum aktif. Anda juga akan melihat pengaturan baru yang disebut "Get New Photo Notifications." Geser tombol tersebut untuk mengaktifkannya.

Anda hampir selesai. Untuk memastikan koneksi telah terhubung antara ponsel dan PC Anda, buka menu Pengaturan pada aplikasi Link to Windows di ponsel Anda.

Di sana, Anda seharusnya melihat nama desktop Windows Anda. Jika terhubung, maka Anda akan melihat teks "Terhubung". Jika tidak, Anda akan melihat teks "Terputus". Anda juga akan melihat logo aplikasi Link to Windows di panel notifikasi dengan status terhubung.

Mendapatkan Foto di Desktop Anda Melalui Pemberitahuan

Dengan semuanya sudah diatur, Anda dapat mencoba mengambil foto baru atau tangkapan layar di perangkat Android Anda. Begitu Anda melakukannya, Anda akan melihat pemberitahuan instan di desktop Windows untuk foto atau tangkapan layar tersebut.

Setelah Anda mengetuk pemberitahuan, foto akan terbuka di Snipping Tool. Dari sana, Anda dapat mengedit foto, membukanya di Paint, menyalinnya ke clipboard Anda, menggunakan fitur Tindakan Teks, atau berbagi dengan orang lain.

Jika Anda secara tidak sengaja melewatkan pemberitahuan, Anda masih dapat menemukannya di pusat pemberitahuan. Anda dapat mengetuk tanggal dan waktu di bilah menu atau menekan Windows+N untuk membuka pusat pemberitahuan.

Hal keren lain yang saya temukan tentang fitur ini adalah bahwa jika Anda menggunakan data seluler dan tidak terhubung ke Wi-Fi di ponsel Anda, Anda masih bisa menggunakan fitur ini. Untuk melakukannya, buka aplikasi Link to Windows. Pergi ke Pengaturan. Aktifkan tombol "Sinkronkan melalui Data Seluler."

Sekarang matikan Wi-Fi dan aktifkan data seluler Anda. Ambil foto dan lihat apakah Anda menerima pemberitahuan di Windows.

Solusi Masalah Umum yang Mungkin Anda Hadapi

Setelah melakukan pengujian fitur ini, saya menemukan beberapa masalah di mana saya tidak bisa mendapatkan notifikasi foto. Jika Anda menghadapi masalah serupa, Anda dapat mengikuti beberapa solusi berikut:

  1. Selalu pastikan ponsel Anda terhubung ke PC melalui aplikasi Link to Windows. Anda mungkin mengalami pemutusan tiba-tiba. Jika demikian, tunggu sampai mereka terhubung kembali.
  2. Terkadang, membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang membantu. Anda dapat mengaktifkan pengaturan ini dari aplikasi Link to Windows di ponsel Anda.
  3. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.
  4. Terkadang, saya tidak menerima notifikasi hingga saya meminimalkan semua jendela dan mengetuk sekali di layar utama di desktop saya. Aneh, tapi berhasil.
  5. Jika Anda sudah memiliki tangkapan layar terbuka di Snipping Tool, foto lain mungkin tidak akan terbuka ketika Anda mengetuk notifikasi.
  6. Terkadang, foto tidak akan terbuka di Snipping Tool jika saya menekan notifikasi dari pusat notifikasi.
  7.  Memutus dan menghubungkan kembali perangkat juga membantu.

Jika Anda tidak dapat menemukan fitur "Dapatkan Notifikasi Foto Baru" di PC Windows Anda, pastikan Anda telah menginstal pembaruan Windows terbaru, lalu coba lagi.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.