Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Kecepatan Website Anda

Daftar Isi [Buka]
Waktu yang tepat untuk fokus pada kinerja situs web Anda seiring dengan meningkatnya persaingan brand untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung. Situs web yang tidak dioptimalkan kecepatan dan kinerjanya bisa mengecewakan pengunjung dan menyebabkan bisnis Anda tidak dapat bersaing.
cara-meningkatkan-kecepatan-website-anda.html

Untuk itu, postingan kali ini akan memberi Anda tips terbaik dan singkat untuk membantu Anda memangkas beberapa detik dari waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan situs web Anda.

Optimalkan Gambar

Perlu diingat bahwa setiap gambar yang berukuran terlalu besar akan memakan waktu lama untuk diunduh. Kecepatan halaman web Anda bergantung pada berbagai faktor, mulai dari web hosting, browser pengunjung, dan koneksi internet.
Ikuti langkah-langkah berikut untuk lebih mengoptimalkan gambar Anda:
– Sebelum mengupload gambar, sesuaikan terlebih dahulu ukurannya. Anda dapat menggunakan alat penyunting foto seperti Adobe Photoshop ataupun yang lainnya. Bila Anda menggunakan CMS, gunakan plugin untuk secara otomatis memperkecil gambar di
background.
– Untuk foto, gunakan format JPEG. Untuk logo, ikon, header, PNG adalah pilihan yang tepat. GIF bagus untuk menampilkan gambar sederhana, ataupun gambar bergerak.

Optimalkan Tema dan Plugin

Pastikan bahwa Anda hanya menginstal plugin dan tema dengan kode ringan dan fitur yang sedikit. Plugin dan tema dengan banyak fitur yang tidak perlu hanya akan memperlambat situs Anda.
– Periksalah apakah ada plugin yang tidak Anda gunakan. Silakan dihapus atau dinonaktifkan.
– Setelah ada informasi update terbaru tersedia, pastikan untuk memperbaruinya sesegera mungkin.

Kompres Halaman Web

Instal plugin pihak ketiga. Apabila Anda pengguna WordPress, bisa menggunakan seperti Smart Optimizer dan YUI Compressor untuk memperkecil CSS, Javascript dan HTML. Kompresi dilakukan untuk mengurangi byte berlebihan seperti jeda baris, lekukan, dan white space dari kode.
– Kompres file dengan mengaktifkan kompresi GZIP yang memungkinkan Anda untuk memperkecil file yang dikirim dari server ke browser pengguna.

Aktifkan Cache

Jika web host Anda tidak menawarkan server-side caching, Anda dapat mengaktifkan cache dengan menginstal plugin seperti Cache Enabler dan W3 Total Cache.
Gunakan CDN. Banyak penyedia CDN menawarkan percobaan 30 hari untuk mencoba layanan mereka. Namun, untuk menambah kecepatan situs web Anda, maka sebaiknya upgrade ke layanan CDN premium.

Demikian tips singkat yang akan membantu Anda memangkas beberapa detik dari kecepatan situs web Anda dan menciptakan hasil terbaik yang dapat dinikmati pengunjung.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.