Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari mana Uang yang Kita Dapat dari Google Adsense Berasal?

Daftar Isi [Buka]
Bagi kalian mungkin ada yang bingung bagaimana Google mendapat uang untuk membayar publisher Google Adsense. sebelum itu apa sih itu Google Adsense?

Google Adsense adalah sebuah program yang bisa menampilkan iklan pada situs kalian, sesuai dengan tema dari website atau blog yang kalian punya. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka kalian akan mendapatkan uang.



dari-mana-uang-yang-kita-dapat-dari-google-adsense

Uang tersebut bukan dari Google Adsense, ya memang Google Adsense yang membayar kita. Namun uangnya berasal dari pengiklan (advertisers) yang berasal dari program Google juga yaitu:

Google AdWords

Google AdWords merupakan suatu program yang mewadahi orang-orang yang ingin beriklan di internet. Caranya, pengiklan bisa membuat suatu iklan terlebih dahulu, dalam bentuk gambar, teks atau video. Kemudian pengiklan itu membayar ke Google AdWords, supaya iklan mereka ditampilkan pada website orang-orang yang telah mendaftar di Google Adsense. Contohnya, website kalian.

Siapapun yang menginginkan iklannya supaya muncul di internet, bisa mendaftar pada Google AdWords program. Kebalikan dari Google AdSense, Jadi pada dasarnya AdWords dan AdSense seperti sistem kakak beradik.

AdWords menyediakan iklan-iklan yang nantinya akan dipasang pada website yang tergabung dalam Adsense program.
Sekarang sistem Adsense dan Adwords sudah sangat canggih, dan mereka bekerjasama dengan sangat baik.
Contohnya, Google akan memastikan bahwa iklan-iklan yang ditampilkan mempunyai topik yang berhubungan dengan website yang menampilkan iklan tersebut.
Maka dari itu, yang pengiklan inginkan adalah pengunjung website yang benar-benar tertarik pada produk atau layanan mereka.

Sehingga pengunjung yang tertarik tersebut kemudian akan mengeklik iklan di website kalian, dan barangkali akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan pengiklan.
Jadi, bagi pengiklan sebuah klik berarti satu kesempatan untuk menjual produk atau jasa.
Besar kecilnya nilai yang diberikan pada satu klik iklan berbeda-beda tergantung pengiklannya. AdWords biasanya menjual nilai klik ini pada sistem pelelangan otomatis. Intinya, semakin banyak uang yang pengiklan tawarkan untuk satu klik iklan, semakin sering pula iklan tersebut akan ditampilkan, yang berarti semakin besar kesempatan orang-orang untuk mengeklik ikan tersebut.
Sebagai publisher Adsense, kita akan dibayar untuk setiap klik yang didapatkan dari iklan-iklan pada website kita.
Namun selalu ingat, bahwa klik tersebut harus berasal dari orang-orang yang benar-benar tertarik pada iklan yang ditampilkan.

Google bisa merekam aktivitas pengunjung setelah mengklik suatu iklan pada Google Adsense. Jika website kalian hanya menghasilkan klik saja, dan tidak pernah menghasilkan aktivitas lain, seperti sales, membeli produk/jasa, dsb. Google bisa menonaktifkan akun Adsense kalian.
Jadi sekarang kalian tahu darimana uang Adsense berasal, uang tersebut berasal dari para pengiklan yang tergabung pada Google Adwords.
Dan sebagai publisher Adsense yang baik, setidaknya kita harus bisa menjamin bahwa klik yang dihasilkan dari website kita adalah klik dari pengunjung yang benar-benar tertarik pada iklan yang dipasang oleh pengiklan AdWords.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.