Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TOR untuk Android: Cara Mengakses Deep Web Lewat Android Dengan Tetap Aman

Daftar Isi [Buka]
Menjaga data dan identitas pribadi online Anda adalah sebuah perjuangan yang cukup berat, namun dengan jaringan anonimitas total dari TOR, Anda memiliki jalur pertahanan yang cukup baik dari para pengintai dunia maya.

Sementara saat ini TOR memang sangat mudah untuk digunakan untuk para pengguna desktop, karena mereka hanya cukup untuk menginstal sebuah browser TOR atau hanya cukup memasang sebuah Plugin, namun ini akan sedikit lebih kompleks dan rumit jika harus berjalan pada Android.

Kesulitannya terletak dalam proses untuk mendapatkan semua data dari perangkat Anda lalu mengirimkannya melalui jaringan TOR, yang mana akan menganonimkan data anda kemudian mengirimkan data tersebut melalui berbagai server di seluruh dunia.

TOR untuk Android: Bagaimana Cara Mengakses Deep Web Lewat Android Dengan Tetap Aman


Persyaratan Untuk Mendapatkan Akses TOR


Sebelum Anda menginstal ketiga aplikasi yang nantinya akan dibutuhkan untuk mendapatkan akses TOR sehingga dapat berjalan pada perangkat Android Anda, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa perangkat Android Anda telah dir*ot. 

Selain itu, karena aplikasi yang dibutuhkan tersebut tidak akan ditemukan di Google Play Store, Maka Anda harus memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan mode instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencentang "Unkown Sources" pada perangkat Android Anda. 

Untuk cara mengaktifkan mode sumber yang tidak dikenal biasanya dapat Anda temukan pada menu Pengaturan kemudian Keamanan dan centang pada "Sumber tidak dikenal" atau "Unkown Sources" pada perangkat Android Anda.

Setelah Anda memiliki akses r*ot, Anda akan dapat men-download dan menginstal OrWall, Orbot, dan Orweb untuk merasakan pengalaman penuh akses TOR pada ponsel Android Anda.


Langkah Pertama: Instal OrWall


Dikembangkan oleh Swiss privacy activist Cedric Jeanneret, OrWall pada dasarnya adalah sebuah firewall untuk Android Anda yang akan memaksa semua aplikasi (atau hanya yang Anda pilih) untuk menggunakan jaringan TOR untuk mengirimkan semua data-data nya. Dan jika salah satu dari aplikasi tersebut tidak dapat menggunakan jaringan TOR untuk mengakses internet, maka koneksi data akan diblokir.

Dikembangkan oleh Swiss privacy activist Cedric Jeanneret, OrWall pada dasarnya adalah sebuah firewall untuk Android Anda yang akan memaksa semua aplikasi (atau hanya yang Anda pilih) untuk menggunakan jaringan TOR untuk mengirimkan semua data-data nya. Dan jika salah satu dari aplikasi tersebut tidak dapat menggunakan jaringan TOR untuk mengakses internet, maka koneksi data akan diblokir. Setelah menginstal APK tersebut, selesaikan program pemandu setup dan reboot Android Anda untuk mengaktifkan proses pada latar belakang. Setelah Anda selesai reboot Android Anda, Anda kemudian dapat membuka Aplikasi OrWall untuk mulai memilih aplikasi mana yang Anda inginkan untuk dapat menggunakan jaringan TOR.

Download OrWall apk
https://f-droid.org/repository/browse/?fdid=org.eth*ck.orwall

Setelah menginstal APK tersebut, selesaikan program pemandu setup dan reboot Android Anda untuk mengaktifkan proses pada latar belakang. Setelah Anda selesai reboot Android Anda, Anda kemudian dapat membuka Aplikasi OrWall untuk mulai memilih aplikasi mana yang Anda inginkan untuk dapat menggunakan jaringan TOR.

Langkah Kedua: Instal Orbot


Dalam artian yang paling sederhana, menurut para pemangku jabatan pada The Guardian Project (https://guardianproject.info/), Orbot adalah penghubung antara perangkat Anda dan jaringan TOR. Hal ini memfasilitasi berjalannya data dari aplikasi ke jaringan TOR, tetapi hanya dapat melakukannya dengan aplikasi yang mendukung data yang dikirim melalui proxy. Karena keterbatasannya itu, penting untuk memiliki Orbot dan OrWall untuk diinstal pada perangkat Anda, karena OrWall akan dibutuhkan oleh aplikasi yang tidak memiliki dukungan proxy.

Dalam artian yang paling sederhana, menurut para pemangku jabatan pada The Guardian Project (https://guardianproject.info/), Orbot adalah penghubung antara perangkat Anda dan jaringan TOR. Hal ini memfasilitasi berjalannya data dari aplikasi ke jaringan TOR, tetapi hanya dapat melakukannya dengan aplikasi yang mendukung data yang dikirim melalui proxy. Karena keterbatasannya itu, penting untuk memiliki Orbot dan OrWall untuk diinstal pada perangkat Anda, karena OrWall akan dibutuhkan oleh aplikasi yang tidak memiliki dukungan proxy Pertama kali Anda membuka aplikasi tersebut setelah di instal, Anda harus menyelesaikan wizard pengaturan terlebih dahulu, namun setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menekan lama tombol Daya untuk mengaktifkan Orbot. Jika suatu saat Anda ingin mengubah Tor Identity Anda ke IP address yang berbeda, Anda dapat menggulir pada layar utama, yang akan berguna jika Anda tidak ingin terlalu lama menyimpang dari IP address yang sama.

Download Orbot
https://guardianproject.info/releases/Orbot-v14.1.0-PIE.apk

Pertama kali Anda membuka aplikasi tersebut setelah di instal, Anda harus menyelesaikan wizard pengaturan terlebih dahulu, namun setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menekan lama tombol Daya untuk mengaktifkan Orbot. Jika suatu saat Anda ingin mengubah Tor Identity Anda ke IP address yang berbeda, Anda dapat menggulir pada layar utama, yang akan berguna jika Anda tidak ingin terlalu lama menyimpang dari IP address yang sama.

Langkah Ketiga: Instal Orweb


Terakhir, kita memiliki sebuah browser yang juga berasal dari pengembang yang menciptakan Orbot yaitu The Guardian Project , disebut Orweb. Sementara Orbot sendiri akan menciptakan koneksi ke jaringan TOR, Orweb inilah yang akan menjadi alat dan memungkinkan Anda menggunakannya untuk menjelajahi web.

Karena data Anda akan berputar melewati sebuah labirin yang besar dan luas dari server TOR internasional, karena itu Anda akan merasakan koneksi Anda seperti melambat, namun harus disadari bahwa ini adalah sebuah harga yang harus dibayar untuk sebuah anonimitas total. 

Sebagai bonus tambahan, Orweb juga dapat mem-bypass sebagian besar suatu pembatasan pada sebuah jaringan sehingga Anda akhirnya akan mendapatkan keuntungan tersendiri, yaitu akses yang bebas bahkan mungkin akan dapat melewati sebuah firewall jaringan pada kantor Anda.

Tidak ada setup yang diperlukan untuk memulai menggunakan Orweb, Anda cukup buka aplikasi dan menunggu homepage untuk menampilkan pesan "sukses" yang akan memberitahu Anda bahwa Aplikasi tersebut telah terhubung ke jaringan TOR.

The Guardian Project juga telah mengerjakan sebuah versi perbaikan dari Orweb bernama Orfox, yang menambahkan fitur seperti tabbed browsing dan cara untuk meminta versi mobile pada sebuah website. Namun, Orfox masih dalam tahap awal dan tidak didukung pada perangkat Lollipop, tetapi jika Anda masih menggunakan KitKat, pastikan Anda untuk mencobanya.

Terakhir, kita memiliki sebuah browser yang juga berasal dari pengembang yang menciptakan Orbot yaitu The Guardian Project , disebut Orweb. Sementara Orbot sendiri akan menciptakan koneksi ke jaringan TOR, Orweb inilah yang akan menjadi alat dan memungkinkan Anda menggunakannya untuk menjelajahi web.  Karena data Anda akan berputar melewati sebuah labirin yang besar dan luas dari server TOR internasional, karena itu Anda akan merasakan koneksi Anda seperti melambat, namun harus disadari bahwa ini adalah sebuah harga yang harus dibayar untuk sebuah anonimitas total.   Sebagai bonus tambahan, Orweb juga dapat mem-bypass sebagian besar suatu pembatasan pada sebuah jaringan sehingga Anda akhirnya akan mendapatkan keuntungan tersendiri, yaitu akses yang bebas bahkan mungkin akan dapat melewati sebuah firewall jaringan pada kantor Anda.  Tidak ada setup yang diperlukan untuk memulai menggunakan Orweb, Anda cukup buka aplikasi dan menunggu homepage untuk menampilkan pesan "sukses" yang akan memberitahu Anda bahwa Aplikasi tersebut telah terhubung ke jaringan TOR.

Download Orfox apk
https://guardianproject.info/builds/OrfoxFennec/latest/

Sekarang Anda Adalah "Anonim"


Dengan tiga aplikasi tersebut, Anda akan dapat menyimpan sebagian besar data Anda dengan aman, namun jika kita melihat beberapa kasus pembobolan keamanan dan skandal NSA yang telah terjadi, hal tersebut akan mengingatkan kita bahwa tidak ada segala sesuatu data dari seseorang yang dijamin 100% akan aman.

Sementara TOR telah melakukan pekerjaan yang besar yaitu merutekan dan menutupi kehadiran online Anda atau membuat Anda anonim untuk menjelajah internet. Selamat Mencoba.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.