Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Google Adwords?

Daftar Isi [Buka]
Berbicara mengenai google setidaknya kita akan ingat dengan sebuah mesin pencari (search enggine) yang saat ini paling populer dan banyak sekali digunakan, sehingga karena kepopulerannya muncul istilah googling atau melakukan pencarian dengan mesin pencari google.

apa-itu-google-adwords

Pada awal nya google adalah nama situs mesin pencarian berbasis web, namun saat ini bukan hanya sebatas itu, google saat ini dikenal juga sebagai sebuah sebutan perusahaan raksasa internet yang berbasis di amerika.

Kiprahnya di dunia internet dari mulai berdiri sampai sekarang mbah google sudah banyak menciptakan produk-produk berbasis internet yang sangat bermanfaat untuk para pengguna internet, selain search engine, salah satu produk google yang cukup terkenal saat ini adalah google adwords.

Tentunya untuk anda yang sudah banyak mengenal mbah google tidak akan asing dengan istilah google adwords, bahkan mungkin anda salah satu yang memanfaatkan google adwords untuk mengembangkan bisnis anda.

Apa itu google adwords dan apa manfaat google adwords?

Google Adwords adalah salah satu produk google yang bisa digunakan oleh siapapun secara gratis yang berfungsi sebagai Advertising Network (Jaringan Pengiklanan) yaitu sebuah jaringan periklanan yang dapat mengelola iklan dari para pengiklan atau biasa disebut advertiser di seluruh dunia agar pemberitahuan sampai kepada target konsumen yang tepat.

Mbah Google melalui Google Adwords bertanggung jawab mempublikasikan iklan dar para pengiklan agar iklan sampai kepada konsumen yang tepat, cara google menerbitkan iklan yaitu dengan memanfaatkan produk mbah google lainnya serta bekerjasama dengan para publisher yang sebelumnya sudah melakukan kerjasama dengan Google Adsense.

Iklan yang dikelola oleh Google Adword, akan ditayangkan dalam halaman-halaman blog atau web para publisher adsense, video youtube, aplikasi android dan pada halaman hasil pencarian mbah google.

Jadi jangan heran ketika anda menonton sebuah video youtube, anda sering melihat iklan bermunculan tayang di video tersebut, atau ketika anda mencari sesuatu di mbah google  akan ada iklan yang muncul, ataupun ketika anda bermain game berbasis android sering terbit iklan, pemberitahuan pada media tersebut kemungkinan besar adalah iklan Google Adsense yang dikelola oleh produk mbah google yaitu Google Adwords.

Dengan adanya syarat periklanan Google Adwords, anda pun dapat ikut menghasilkan uang dari internet dengan cara mendaftarkan website/blog anda untuk menjadi publihser.

Apa bedanya Google Adsense dan Google Adwords?

google-adwords-dan-google-adsense

Anda mungkin bingung mengenai perbedaan antara Google Adwords dan Google Adsense?, sebenarnya keduanya merupakan produk mbah google yang sangat berkaitan namun berbeda fungsinya.

Google Adwords merupakan jaringan periklanan yang berfungsi untuk mengelola iklan untuk pemasang iklan, artinya si pemasang iklan atau advertiser yang ingin beriklan dalam media partner google (mesin pencari, youtube, aplikasi android, halaman web/blog), maka mereka harus menggunakan aplikasi Google Adwords.

Sedangkan untuk Google Adsense adalah prasarana periklanan yang digunakan oleh para publisher (penayang iklan) untuk mengelola iklan yang akan di tayangkan, di blog/web anda, jadi untuk yang ingin mendapatkan penghasilan dari google, maka anda harus menjadi publisher yaitu dengan bekerjasama dengan Google Adsense dengan mendaftarkan website/blog/aplikasi anda terlebih dahulu.

Jadi kesimpulannya, Google adwords adalah tools yang harus digunakan si pengiklan (advertiser), sedangkan Google Adsense adalah tools yang dimanfaatkan oleh si publihser iklan atau si penayang iklan yang untuk menayangkan iklan-iklan para pemasang iklan (advertiser).

Jika anda ingin beriklan di mbah google, maka anda harus memakai aplikasi Google Adword, sementara jika anda ingin menjadi publisher (penayang iklan) agar bisa mendapatkan komisi dari mbah google, maka anda bisa mendaftar sebagai publihser google adsense.

Apakah Google Adwords Gratis?

Untuk memiliki Akun Google Adwords sebanarnya gratis dapat digunakan sama siapapun, cukup dengan email gmail anda, maka anda dapat secara mudah mempunyai akun Google Adwords, caranya buat email gmail terlebih dahulu, lalu login pada situs https://adwords.google.com, maka anda akan masuk ke halaman utama Google Adwords serta siap untuk digunakan.

Namun jika anda ingin memasang iklan, misalkan ingin mempromosikan bisnis anda, anda harus membayar terlebih dahulu, umumnya sebelum iklan ditayangkan anda harus menyimpan dana terlebih dulu dengan besaran tertentu.

Besar kecilnya saldo yang kamu habiskan untuk beriklan di google adwords bakal sangat tergantung sekali beserta metode iklan yang anda pilih, apakah Biaya Per Klik (BPK) / Perseribu tayang.

Jika anda memilih metode iklan dengan Biaya Per Klik (CPC), nanti saldo anda akan di habiskan untuk beriklan dalam google adwords dengan ditentukan oleh biaya per klik (bpk) sebagai pengiklan tentukan dan jumlah klik dari pengguna ketika iklan tayang pada situs web, video youtube, aplikasi android dan pada mesin pencarian google, metode ini cocok untuk jenis iklan jual beli yang menginginkan terjadinya transaksi dari konsumen ataupun jenis iklan untuk promosi blog atau website anda supaya dikenal atau terjadi aksi dari konsumen.

Namun jika metode iklan yang kamu pilih Perseribu Tayang (Cost Per Mile), maka besar saldo yang akan anda habiskan anda dapat menentukan itu sendiri dan untuk saldo anda akan dikurangi setiap kali iklan anda tayang sebanyak seribu kali di blog atau website publisher google adsense, metode ini cocok untuk iklan produk atau perusahaan anda.

Apakah Kita Bisa Memperoleh Uang Dari Google Adwords?

Jawabannya sudah pasti bisa, ada banyak sekali peluang yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan uang melalui Google Adwords walaupun sangat kecil sekali keuntungannya, beberapa diantaranya misalnya:

1. Membuka Jasa Pengiklanan  Google Adwords

Tugas anda adalah membantu para konsumen yang ingin beriklan di Google Adwords. Mengingat tidak semua perusahaan/ perseorangan yang ingin beriklan / melakukan iklan di mbah Google belum memahami cara menggunakan Google Adwords tersebut biasanya bakal meminta bantuan dengan mencari jasa orang lain yang berpengalaman di Google Adwords untuk membantu mereka beriklan di Google.

2. Menjadi Affiliate Marketer

Anda bisa menjadi affiliate marketer, yaitu membuka kerjasama affiliate, seperti amazon, clickbank. Serta situs-sisus lainnya, untuk memasarkan produk yang ada website affiliate tersebut, anda akan mendapatkan uang dengan link referensi kamu.

Tapi tentu saja anda tetap mengeluarkan modal dan harus benar-benar berpengalaman dalam beriklan di Google Adwords, ini khusus untuk profesional karena anda harus mampu memastikan uang yang anda keluarkan lebih kecil dari pendapatan yang anda peroleh, atau pertimbangan yang anda peroleh harus besar dari uang yang kalian keluarkan untuk beriklan.

3. Menjadi Publisher Google Adsense

Anda dapat mendapatkan uang sebagai publisher google adsense, secara menjadi publisher google adsense anda akan mendapatkan uang dengan menanyangkan iklan dari pengiklan di google adwords dengan bermodalkan blog/website, aplikasi android, dan video youtube.

Bagaimana Menjadi Publisher Google Adsense?

Untuk menjadi Publisher Google Adsense tentunya tidaklah mudah, untuk menayangkan iklan dari google adsense di halaman web / blog anda, maka anda mesti punya alamat blog gratisan seperti blogspot atau domain tld seperti com,net,info,id,dsb yang kemudian di daftarkan ke google adsense.

Anda akan mendapatkan uang dari Google jika iklan yang anda tayangkan di halaman website atau blog anda tayang/diklik oleh pengunjung blog anda.

Atau untuk anda yang ingin menayangkan iklan Google Adsense untuk video, anda bisa mengupload video di youtube maka anda harus memiliki chanel youtube minimal memiliki 1000 subcriber dan 4000 jam tayang dalam satu tahun. baru kemudian channel youtube anda bisa dimonetisasi agar muncul iklan google adsense dan kamu bisa mendapatkan uang.

Anda baru mendapatkan uang pada setiap kali iklan yang muncul dalam video atau iklan diklik oleh pengunjung video anda.

Anda juga bisa menayangkan iklan di aplikasi android jadi anda harus membuat aplikasi android terlebih dahulu setelah itu anda mendaftar Google Admob untuk dipasangin iklan, setelah anda memasang iklan Admob anda publish aplikasi anda ke Google Play dengan membuat akun Google Play Console tapi anda harus mengeluarkan modal untuk membuat akun Google Play Console untuk mengupload aplikasi anda ke playstore agar banyak yang menginstall aplikasi anda.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.