Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Proxy Server

Daftar Isi [Buka]
Pada dasarnya, internet adalah sebuah “tempat” yang sangat luas, dan di dalamnya terdapat begitu banyak informasi. Untuk mengakses informasi tersebut, ada berbagai metode yang dapat dilakukan, salah satu metode tersebut adalah Proxy Server.

Mungkin anda pernah mendengar istilah proxy server. Terutama ketika ingin mengakses situs-situs yang di blokir. Proxy Server merupakan sebuah server yang ditaruh diantara sebuah aplikasi klien dan aplikasi server yang dihubungi.

Pengertian Proxy Server

Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Proxy Server

Proxy Server adalah sebuah server khusus yang berperan sebagai sebuah “jembatan” antara anda sebagai pengguna internet, dengan situs yang ingin anda kunjungi. Dengan demikian, ketika anda akan mengakses sebuah situs, anda akan terhubung dengan Proxy Server terlebih dahulu. Baru setelah itu Proxy Server bakal meneruskan permintaan anda menuju situs yang akan dikunjungi.

Begitu situs itu mendapatkan permintaan dari Proxy Server, situs akan mengirimkan kembali halaman situs ke Proxy Server. Nantinya, Proxy Server akan langsung melanjutkannya kepada anda sebagai pengguna. Secara begitu, anda bisa masuk dan melihat situs itu dengan normal seperti biasanya.

Manfaat Proxy Server

Secara umum manfaat dari proxy server tersebut ada 2 macam, yaitu:

1. Untuk meningkatkan kinerja jaringan

Kemampuan sebuah server proxy untuk menyimpan data permintaan dari aplikasi klien, permintaan yang sama dengan permintaan sebelumnya hanya akan diambilkan dari simpanan proxy server. Apabila seorang pengguna internet sebelumnya sudah pernah membuka website yang sama, maka tidak perlu dihubungkan langsung pada situs sumbernya, namun cukup diambilkan petunjuk dari simpanan proxy server. Dengan demikian, koneksi langsung pada server sumbernya dapat dikurangi. Keuntungannya adalah penggunaan bandwidth untuk koneksi langsung menjadi lebih berkurang.

2. Memfilter Permintaan

Sebuah server proxy juga mampu digunakan sebagai filter terhadap permintaan data dari situs. Maksudnya, proxy server bertindak seperti tukang filter terhadap web mana yang boleh atau tidak boleh dikunjungi. Disamping itu, satu proxy server juga bisa digunakan sebagai filter tentang aplikasi klien yang dapat menggunakan akses internet. Dalam kasus ini proxy server bertindak sebagai filter terhadap berbagai gangguan internet.

Fungsi Proxy Server

Proxy Server merupakan pihak ketiga yang menjadi perantara antara kedua pihak yang saling berhubungan, dalam hal ini ialah jaringan komputer lokal & jaringan internet digital. Prinsipnya, pihak ke 1 serta pihak ke 2 tidak akan saling terkai, namun masing-masing terkait secara pihak ke 3 yaitu si proxy server. Berikut ini 3 fungsi utama proxy server.

1. Connection sharing

Proxy server bertindak sebagai gateway yang jadi pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar. Gateway bertindak juga sebagai sebuah titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Oleh sebab itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet bakal menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama atau biasa di sebut connecion sharing.


2. Filtering

Proxy server bisa difungsikan untuk bekerja pada layar aplikasi dengan demikian maka proxy server bisa berfungsi sebagai firewalll package filtering yang bisa digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan maupun ancaman serangan dari jaringan luar. Fungsi filtering proxy server juga dapat diatur ataupun dikonfigurasi untuk menolak akses terhadap website tertentu dan pada waktu-waktu khusus juga.

3. Caching

Proxy server mempunyai mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang telah diminta dari server-server yang ada di internet. Dengan mekanisme caching ini maka akan menyimpan objek-objek yang merupakan berbagai permintaan atau request dari para pengguna yang di dapat dari internet.

Kegunaan Proxy Server

Berikut adalah kegunaan dari Proxy Server:

1. Untuk Keperluan Pribadi

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau berbagai website yang aktif di internet dan anda kunjungi bisa mengetahui lokasi anda dengan cara mendeteksi alamat Internet Protocol atau IP Address. IP Address tersebut sebenarnya lebih merupakan alamat perangkat yang anda gunakan untuk mengakses website tersebut.

Dengan penggunaan Proxy Server, website tersebut tidak akan bisa mengetahui secara spesifik lokasi perangkat yang kalian gunakan, yang berarti lokasi anda juga. Pasalnya, website justru hanya akan memperoleh lokasi Proxy Server.

Di samping itu, menggunakan Proxy Server, anda juga bisa mengakses berbagai macam website yang diblokir di negara tempat anda tinggal, misalnya di Indonesia. Salah satu contohnya adalah anda ingin mengakses website reddit yang diblokir di Indonesia. Dengan menggunakan Proxy Server yang lokasi alamatnya pada negara lain di mana Website Reddit tidak diblokir, misalnya Singapura atau Amerika Serikat anda pun bisa mengakses Website Reddit dengan mudah.

2. Untuk Keperluan Bisnis atau Kantor

Di perkantoran, penggunaan komputer yang terhubung ke jaringan internet adalah hal yang sangat umum. Pasalnya, internet memang penting dan sangat bermanfaat dalam menunjang pekerjaan. Hanya saja, bagaimana perusahaan bisa tahu bahwa internet yang tersedia sebagai fasilitas untuk menunjang pekerjaan tidak disalah gunakan untuk mengakses website-website terlarang?


Solusinya bisa ditemukan lewat penggunaan Proxy Server. Dengan begitu, perusahaan bisa mengatur agar seluruh komputer yang digunakan di area kantor harus terhubung terlebih dahulu pada Proxy Server. Dengan demikian, nanti apa saja website yang dikunjungi oleh para karyawan bisa dicek. Dengan begitu, adanya Proxy Server juga bisa membantu perusahaan dalam menentukan apa saja situs yang perlu diblokir karena dianggap mengganggu produktivitas karyawan.

Di samping itu, adanya Proxy Server juga mampu membantu perusahaan dalam menghemat bandwidth. Hal ini dikarenakan Proxy Server yang mampu menyimpan website yang pernah serta sering dikunjungi sebagai cache. Nantinya, ketika ada seseorang yang akan mengakses web tersebut contohnya situs milik perusahaan tersebut cache tersebut lah yang akan di gunakan.

Menggunakan Proxy Server

Di luar sana, anda bisa temukan banyak Proxy Server yang gratis ataupun berbayar. Tentu saja, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Untuk Proxy Server yang gratis, biasanya performanya tidak sebaik Proxy Server yang berbayar, termasuk dari segi kecepatan.

Ketika anda menggunakan layanan Proxy Server, anda dapat pilih lokasi Proxy Server yang diinginkan. Disamping itu, anda dapat mampu mengatur agar kunjungan anda tidak diketahui oleh website yang anda kunjungi, sehingga informasi terkait beserta lokasi terperinci anda juga tidak akan diperoleh sambil website tersebut.

Untuk website-website tertentu yang pengaturan bahasanya akan berubah secara otomatis mengikuti lokasi anda yang telah terdeteksi, anda bisa cek perubahan tersebut. Contohnya Google. Jadi, jika anda menggunakan Proxy Server dan mengubah lokasi menjadi di Perancis atau Jepang, misalnya, nanti anda akan mengakses Google, bahasa yang ditampilkan juga akan berubah sebagai bahasa Perancis atau Jepang. Hal yang sama dapat anda amati begitu mengakses Youtube atau website-website yang lainnya.

Jenis-Jenis Proxy Server

Pada penggunaan Proxy Server, ada beberapa jenis Proxy Server yang mampu anda temukan. Berikut penjelasannya.

1. Transparent Proxy

Jenis Proxy Server yang satu ini paling sering dimanfaatkan di sekolah, perpustakaan, atau kampus. Dengan Transparent Proxy, IP Address perangkat bakal tetap dikirimkan sehingga pengelola sekolah, kampus, ataupun taman pustaka bisa mengetahui daftar web yang dikunjungi karet siswa serta lokasinya.

2. Anonymous Proxy

Jenis Proxy Server yang satu ini merupakan jenis yang paling dikenal karena tidak akan menyalurkan IP Address perangkat anda sama sekali. Jadi, website yang akan langsung merespon permintaan kunjungan anda untuk mengaksesnya berdasarkan lokasi yang di yakini sebagai lokasi anda yang sesungguhnya.

3. Distorting Proxy

Distorting Proxy ialah Proxy Server yang bakal mengirimkan IP Address menurut website yang anda membuka. Hanya saja, petunjuk yang dikirimkan sebenarnya merupakan alamat palsu, yang artinya website tersebut tidak akan mendapatkan IP Address anda yang sesungguhnya. Sekilas, Distorting Proxy serupa dengan Anonymous Proxy, kecuali kemampuannya untuk mengirimkan IP Address palsu, yang sebenarnya adalah IP Address dari Proxy Server itu sendiri.

4. High Anonymity Proxy

Bisa dibilang bahwa jenis Proxy Server yang satu ini adalah jenis Proxy Server yang paling canggih. Soalnya, selain bisa menutupi IP Address anda yang sesungguhnya ketika mengakses satu buah website & menggantinya, High Anonymity Proxy juga bisa mengganti IP Address dengan berkala.

Sebagai contoh, saat ini anda memakai Proxy Server yang berlokasi di Amerika Serikat. aan dalam 1 jam ke depan, lokasi IP Address anda akan berubah menjadi di Jepang, serta seterusnya.

Meskipun Proxy Server ini sering dipakai untuk menyelaputi IP Address agar dapat mengakses situs-situs yang diblokir, hal itu tidak berarti bahwa segala aktivitas anda pasti tersembunyi. Pasalnya, penyedia layanan internet digital yang anda manfaatkan juga masih bisa jadi informasi soal apa saja website yang anda kunjungi selagi terhubung ke internet.

Keuntungan Menggunakan Proxy Server

Beberapa keuntungan dari penggunaan proxy server dalam sebuah jaringan TCP/IP adalah sebagai berikut:
  1. Keamanan jaringan komputer anda akan lebih terjaga, karena adanya satu proxy server yang berfungsi sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar.
  2. Akses berikutnya terhadap website-website yang sudah pernah diakses sebelumnya akan menjadi lebih cepat, hal tersebut karena pengaksesan selanjutnya tidak butuh untuk melakukan permintaan data ke jaringan luar melainkan sudah ada di direktori cache proxy.
  3. Memiliki fasilitas filtering, baik itu filtering pengguna, content mau pun waktu akses.


Kekurangan Proxy Server

Proxy server memiliki kekurangan dalam suatu jaringan TCP/IP, yaituserupa berikut:
  1. Akses terhadap website yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi kian lambat, hal tersebut dikarenakan si klien harus melakukan permintaan terlebih dahulu terhadap proxy server, selanjutnya baru proxy server yang akan meminta permintaan/request dari klien tersebut kepada penyedia layanan internet.
  2. Kalau proxy server terlambat pada melakukan update cache, maka si klien akan mendapatkan konten yang belum update (konten lama) ketika melaksanakan permintaan terhadap konten itu.


Terima kasih sudah berkunjung ke Isky Blog, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.