Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Google Sandbox Penyebab, Cek dan Cara Mengatasi

Daftar Isi [Buka]
pengertian-google-sandbox-penyebab-cek-dan-cara-mengatasi

Banyak dari kita yang menggeluti dunia blogging sering mendengar istilah Google Sandbox. Penuh blogger pemula yang belum paham dengan maksud ataupun pengertian Google Sandbox. Agar kita semua bisa memahaminya berikut ini marilah kita pelajari mengenai penjelasan lengkap tentang google sandbox.

Apa itu google sandbox

Google sandbox adalah sebuah filter yang mencegah suatu situs web bisa terindex oleh Om google Search Engine dari peringkat di hasil yang ditampilkan. Anggap saja seperti masa percobaan atau pinalti yang diberikan pada suatu website. Bahkan jika seseorang berusaha mengoptimasi blognya dengan benar, situs tersebut tidak akan mendapatkan peringkat yang layak sampai hukuman tersebut berakhir.

Ciri Ciri Domain Dalam List Google SandBox

Untuk memastikan secara otomatis bisanya tersedia banyak website yang berfungsi untuk melihat apakah domain tersebut masuk kedalam Google SandBox atau bukan. Berikut ini salah satu web yang bisa digunakan untuk melakukan peng cekan apakah situs anda termasuk dalam daftar domain yang mengalami deindex. Cek langsung di: https://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm

Untuk melakukan pengecekan secara manual maka dapat dilihat beberapa kondisi dibawah ini yang bisa dijadikan identifikasi bahwa web anda mungkin masuk pada google sandbox.

Tidak Muncul di Hasil Pencarian

Untuk melakukan ujicoba oleh karena itu bisa ketikan nama domain kamu di mesin pencarian. Jika saat melakukan pencarian secara nama domain yang dimanfaatkan namun tidak menunjukan adanya domain anda yang terindex maka dapat dikatakan daerah anda terkena deindex menyerap ke dalam om google sandbox.

Traffic Turun

Dengan hilangnya peringkat situs dalam mesin pencarian tentunya hendak berdampak dengan turunya jumlah pengunjung di blog. Biasanya penurunan Page View sangat drastis sehingga bakal terlihat anjlokan yang tidak sebagaimana biasanya.

Penghasilan Berkurang

Turunya traffic pada blog maupun website hal yang paling dirasakan tentunya berkurangnya banyak pemasukan dari web itu. Jika penghasilan turun secara drastis dan tidak wajar, cobalah untuk melaksanakan ratifikasi secara langsung apakah web anda masuk kedalam mbah google sandbox.

Penyebab Domain Deindex dan masuk sandbox

Masuknya domain web dan blog pada daftar gelap sandbox sendiri juga bukan tanpa alasan. Beberapa hal dibawah ini mungkin menjadi salah satu penyebab alasan mengapa web mengalami deindex.

CopyPaste

Penyebab masuknya web kedalam sandbox google yang paling banyak adalah karena konten duplikasi. Bagi anda yang sering & gemar melakukan copy paste konten artikel daripada website lainnya maka tentunya pantas jika konten anda terkena deindex dan wilayah merasuk kedalam daftar blacklist pada Google Sandbox. Konten plagirsme atau duplikasi tentunya akan merugikan pengguna internet yang mendapatkan data informasi sama persi dari web lainnya. Karena mesin pencarian bukan ingin mendapatkan reputasi buruk karena menampilkan hasil yang sama persis dari dengan web yang lain

Spam

Bagi anda yang mengisi konten pada website dengan iklan ataupun promosi sebenarnya hal ini tidak mengapa. Yang jadi masalah jika anda berbuat kloning pada web ini dengan domain berbeda namun memiliki konten yang tentu persis, dari isi artikel, tema hingga navigasi. Tentunya untuk menghindari monopoli di hasil pencarian mesin pencarian maka Search Engine diantaranya google akan memberikan hukuman pada website tersebut.

Scam

Salah satu tanda mengapa website tidak terindex sambil mesin pencarian yaitu karena kemungkinan webiste tersebut berbahaya bagi pengguna dunia maya yang berisi konten menipu serta berbahaya. Banyak modus penipuan dengan menggunakan website - website sebagai alat kamuflase. Lazimnya deindex pada situs scam terjadi jika ada seorang yang melaporkannya. Setelah dilaporkan oleh sebab itu domain web itu hendak masuk kedalam blacklist untuk tidak ditampilkan di mesin pencarian.

Mengatasi DomainWeb Deindex (Google Sandbox)

Bila anda yakin bahwa domain blog atau web kamu memang masuk kedalam backlist Google Sandbox dan konten yang dipublikasi menanggung Deindex atau tidak muncul di hasil pencarian om google, sebenarnya masih bisa dilakukan banding untuk mengembalikan web - web anda agar terindex kembali.

Beberapa hal yang harus dikerjakan agar web terindex balik:

  • Hapus Konten Plagirsme/Duplikasi
  • Hapus file berbahaya dalam situs
  • Jika dirasa daerah web telah bersih dari sesuatu yang memungkinkan anda masuk kedalam blacklist mbah google silahkan kunjungi link berikut untuk memulihkan web kamu agar segera terindex meleset: https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration

Jika web / nama domain tidak menyerap pada blacklist sandbox apa sebab lantas konten yang berada di web tersebut tidak terindex. Berikut ini beberapa alasan mengapa artikel postingan konten yang berada dalam web susah atau bukan terindex sama Google Search Engine.

Situs web sulit terindex serach engine?

Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan dari sebuah situs web adalah salah satu karakteristik kualitas yang paling penting bagi Mbah google. Selain tersebut, ada backlink dan juga banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Sangat sulit bagi situs web baru siap memperoleh kepercayaan Google hanya dalam satu atau dua bulan saja. Memang kaum situs web diketahui cepat derindex yang salah wahid faktornya sebab menggunakan deleted domain untuk memulai membangun webnya.

Berikut adalah daftar faktor yang mungkin mencegah peringkat website web baru pada serach enigne:

Kurangnya Konten Berkualitas

Google mungkin tidak melihat cukup banyak halaman di web web Anda untuk memahami relevansi topikalnya. Google Serach Engine mungkin memerlukan lebih banyak data untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan situs web Kamu dan apa kata kunci (topik) yang dimiliki. Sekalipun hanya memiliki 1 konten, namun jika konten ini sangat bermanfaat tentunya perangkat pencarian bakal mengunggulkan tahapan web tersebut daripada website lainnya.

Kurangnya Aktifitas Pengguna

Seperti yang telah disebutkan di dalam pont pertama, banyak macam jenis SEO yakin seperti CTR, Bounce Rate (rasio pentalan), & sesion waktu visitor berpengaruh di web adalah kurang lebih faktor yang akan mempengarui peringkat pada hasil mesin pencarian nantinya. Sampai mbah google memproses lebih banyak data perilaku untuk website anda dan membandingkannya dengan situs lain, taktik tersebut jadi salah satu pertimbangan bagaimana mesin pencari memberikan strata memilih situs web mana yang akan ditampilkan di hasil pencarian.

Tidak Memiliki Backlink Berkualitas

Backlink atau Tautan balik adalah salah satu daripada 3 faktor yang mempengaruhi peringkat hasil dari search engine. Jika konten Anda memiliki profil backlink yang lemah dan situs web Anda belum cukup kuat membangun link internal, hal tersebut tentunya akan mempersulit untuk mesin pencarian melepaskan peringkat teratas pada dampak pencarian untuk situs anda. Backlink sendiri sangat berpengaruh untuk memingkatkan DA/PA yang menjadi salah satu unsur mudahnya sudatu website terindex Mencari Engine. Untuk mengecek Backlink Silahkan Ke sini: Website backlink checker gratis terbaik

Dengan melakukan optimasi yang telah disebutkan di atas setidaknya hal tersebut akan mengatasi bagaimana domain website anda mudah terindex oleh mencin pencarian. Masih banyak sisi lainnya yang dapat kamu pelajari mengenai pentingnya SEO untuk mempermudah website - website tampil di ranking teratas kinerja pencarian. Dengan peringkat yang baik pada konten yang dipublikasi maka dengan otomatis akan meningkatkan total traffic dan juga penghasilan yang didapatkan.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.