Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Daftar Isi [Buka]
Satu diantara anggota tubuh yang merekam banyak perhatian adalah telinga, apalagi disaat telinga terasa gatal. Meskipun tidak terdapat kotoran di dalamnya, orang-orang akan segera membersihkannya ketika terasa gatal. Padahal, membersihkan telinga terlalu sering bakal menimbulkan masalah baru bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa cara yang benar yang harus diperhatikan saat membersihkan telinga.

cara-membersihkan-telinga-dengan-benar

1. Menggunakan Cairan Pembersih Baby Oil

Untuk membersihkan bagian daun telinga, sebaiknya manfaatkan cairan pembersih baby oil dengan kapas. Kemudian, bersihkan secara perlahan di potongan daun telinga yang kotor.

2. Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Begitu menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, sebaiknya siram hingga sebatas daun telinga saja. Jika membersihkan telinga terlalu dalam akan menghasilkan kotoran semakin terdorong di dalam dan menumpuk.

3. Menggunakan Cairan Khusus Lap Telinga

Jika telinga berasa gatal, gunakan cairan khusus untuk pembersih telinga. Teteskan cairan tersebut ke dalam telinga, cairan tersebut akan mengeraas dan keluar dengan sendirinya.

4. Membersihkan dengan Cara Natural

Apabila kesulitan untuk mencari cairan khusus pembersih telinga, bersihkan dengan cara natural (alami) yaitu dengan mempergunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat, peras dan putar kapas hingga membentuk kerucut. Setelah itu, bersihkan bagian telinga yang terasa gatal.

5. Menggunakan Cotton Bud Berbentuk Kali

Jika terdapat kotoran yang sudah membantu di sesi dalam telinga, bersihkan beserta menggunakan cotton bud yang satu diantara ujungnya berbentuk kali tetapi jangan gunakan alat yang terbuat dari logam.
Kalau permasalahan telinga tidak kunjung teratasi, konsultasikan terhadap dokter yang berpengalaman. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran yang mengeras.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.