Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Daftar Isi [Buka]
Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh anak, sistem ini berisi dari sel dan zat yang dihasilkan oleh tubuh, keduanya bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh juga memberikan perlindungan dari pengaruh luar seperti infeksi kuman, bakteri dan virus dengan melibatkan sel dan organ di dalam tubuh, apabila sistem ini melemah maka perlindungan yang didapatkan menjadi lemah sehingga kuman, virus maupun bakteri dapat masuk dan berkembang.

meningkatkan-kekebalan-tubuh-anak

Kondisi ini sering dialami oleh anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit, meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat dilakukan sambil orang tua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

1. Memberikan Asi

Pemberian ASI untuk anak yang berusia 0-6 bulan berguna untuk meningkatkan daya tubuh serta bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan & pernapasan.

2. Bermain di Lingkungan

Untuk orang tua sering merasa khawatir apabila anak mereka bermain pada lingkungan yang kotor, padahal bermain di dalam lingkungan yang seperti tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak supaya dapat berkembang sepenuhnya.

3. BanyakTertawa

Melakukan kebiasaan yang dapat membuat anak tertawa merupakan satu diantara jalan untuk membantu meningkatkan produksi sel yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan membunuh kuman penyebab flu serta pilek.

4. Beristirahat Dengan Cukup

Meningkatkan sistem tenaga tubuh anak bisa dikerjakan secara cara beristirahat dengan cukup karena porsi tidur anak sehat dengan umur 3-12 tahun mencapai10 jam setiap harinya.

5. Kurangi Memberikan Antibiotik

Pemberian anti biotik yang terlalu kerap kepada anak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara dapat merusak silia rambut dalam hidung yang berperan sebagai penangkal masuknya benda asing pada tubuh anak sehingga jauhkan anak dari polusi udara sebagaimana asap pembakaran, gas sigaret dan polusi akibat beberapa bahan kimia lainnya.

7. Berikan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Imunitas

Memberikan asupan makanan yang berguna untuk meningkatkan imunitas merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, makanan tersebut antara lain adalah susu kedelai, ikan, telur, madu, sayuran dan buah-buahan.

Cara ini bisa diterapkan dengan mudah dengan tetap memperhatikan dan memantau tumbuh kembang dan kebiasaan anak setiap harinya
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.