Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot di HP Android

Daftar Isi [Buka]
Internet sudah biasa menjadi kebutuhan masyarakat masa kini. Jangankan internet, listrik yang mati berjam-jam saja bisa bikin rencana dan aktivitas jadi berantakan.

Apa jadinya kalau internet yang anda butuhkan tiba-tiba menjadi lemot? Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan agar koneksi internet kembali lancar sebagaimana sedia kala.

Mengatasi Koneksi Internet Lemot


cara-mengatasi-koneksi-internet-lemot

Alihkan ke Mode Pesawat

Saat sedang asyik-asyiknya browsing atau stalking instagram, tiba-tiba koneksi internet menjadi lemot. Anda bisa mengaktifkan mode pesawat beberapa detik saja, sesudah itu matikan kembali mode pesawat tersebut. Penggunaan fitur mode pesawat ini berfungsi untuk mengulang koneksi internet anda ke jaringan operator kartu sim anda.

Cek Pengaturan Jaringan Smartphone Anda

Kadang koneksi internet lemot dikarenakan anda berada di tempat yang tidak mendukung jaringan yang sedang anda pakai. Nah, cara mengakalinya anda dapat mengubah pengaturan jaringan internet di smartphone anda, lewat menu Setting & Mobile Network Setting. Lalu kemudian, ubah opsi Prefered Network menjadi 4G LTE, bila area tempat tinggalmu sudah mendukung sinyal 4G. Bila belum, maka sebaiknya pilih opsi HSDPA/3G only untuk mendapatkan sinyal yang lebih stabil.

Hapus Aplikasi ataupun Widget Tidak Terpakai

Ternyata data internet di smartphone kita terpakai bukan cuma saat kita menggunakan aplikasinya saja. Data internet anda tetap berjalan ketika anda sedang tidak menggunakan smartphone. Malahan jika anda punya banyak aplikasi di smartphone yang berjalan otomatis di background sistem.

Akibatnya, koneksi internet anda akan lemot saat smartphone digunakan, karena bandwith yang digunakan itu terbagi. Nah, anda bisa menghapus aplikasi dan widgets yang tidak terpakai. Cara ini selain bisa mempercepat koneksi internet, kuota dan internetmu juga jadi dapat lebih irit loh.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.