Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Daftar Isi [Buka]
Pernah ga? Saat anda bermain game atau lagi browsing hp android anda menjadi lemot? ya pasti pernah kan. Kadang kita kesel lagi asik-asik browsing atau main game eh tau-tau nya hp android kita menjadi lemot. Terus gimana caranya agar hp android kita menjadi tidak lemot? berikut adalah cara mengatasi hp android lemot.

mengatasi-hp-android-lemot

Menghapus Cache di Smartphone

Hampir semua aplikasi akan menyimpan cache untuk berbagai keperluan. Normalnya, berbagai aplikasi tersebut akan tetap menjaga file cachenya agar tidak bertambah banyak dengan menghapus cache lama yang sudah tidak digunakan.

Sayangnya, terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga cache yang lambat tersebut tidak dihapus. Jika keadaannya seperti itu, maka otomatis kita harus menghapusnya secara manual. Berikut Caranya:

  1. Anda buka menu Settings terus ke Apps kemudian buka salah satu aplikasi di sana.
  2. Setelah terbuka anda akan melihat ukuran cache dari aplikasi tersebut. Bila ukuran cache tersebut dirasa tidak normal atau terlalu besar, maka Anda dapat langsung menghapusnya dengan cara menekan tombol “Clear Cache”.
  3. Setelah proses pembersihan ini mungkin aplikasi tersebut akan sedikit lambat ketika dibuka lagi untuk pertama kalinya. Hal tersebut sangat biasa karena aplikasi tersebut akan membuat cache dari awal lagi.

Selain untuk membuat hp android tidak lemot, trik menghapus cache itu juga dapat Anda manfaatkan jika terdapat masalah pada suatu aplikasi. Menghapus cache ini juga sangat aman karena tidak akan menghapus data pribadi, preferensi, dan lainnya yang terdapat di suatu aplikasi

Menggunakan Aplikasi Pembersih

Selain menggunakan cara manual, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk membersihkannya secara langsung. Terdapat banyak sekali aplikasi di Play Store yang dapat anda gunakan untuk menghapus cache, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, dan bahkan mematikan aplikasi yang membuat perangkat Android menjadi panas. Berikut adalah aplikasi pembersih yang dapat anda temukan di Playstore:

Menggunakan Aplikasi CCleaner

Aplikasi populer di kalangan pengguna komputer ini dapat membersihkan junk file alias file sampah yang tidak dimanfaatkan lagi sehingga akan menambah ruang kosong di memori penyimpanan anda. Aplikasi ini bisa melakukan pembersihan secara otomatis sehingga tidak perlu repot menghapusnya satu persatu.

Menggunaka Aplikasi Clean Master

Selain dapat untuk menghapus junk file, aplikasi ini juga dapat membersihkan aplikasi yang membuat Android lemot serta dapat membuat RAM menjadi lebih banyak. Setelah menggunakannya, Anda pasti akan merasakan peningkatan pada smartphone atau tablet Android Anda.

Menggunakan Aplikasi The Cleaner

Aplikasi tersebut dapat menghapus junk file, cache, bahkan hingga riwayat panggilan dan SMS. Aplikasi ini juga menyediakan dapat menjadwalkan proses pembersihan di waktu-waktu khusus saja. Yang menarik, aplikasi ini juga akan menampilkan berapa banyak kapasitas memori yang akan anda dapatkan setelah proses pembersihan.

Pastikan Anda Selalu Update aplikasi di Playstore

Setiap aplikasi dan game yang ada pada smartphone anda pasti akan selalu diupdate atau diperbaharui. Pastikan Anda sudah mengupdate aplikasi atau game nya dengan versi paling baru. Sebab, jika anda tidak melakukan update, kemungkinan besar aplikasi atau game akan mengalamin lemot bahkan bisa aja tertutup sendiri.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan versi yang lama sudah tidak available lagi untuk dipakai. Sehingga hal tersebut akan memperlambat smartphone anda. Untuk melakukan update ke versi terbaru, anda bisa cek di Google Playstore. Silahkan anda cek versi terbaru dari apliaksi atau game yang sering di buka di smartphone anda.

Matikan Aplikasi yang Sedang Berjalan

Smartphone anda akan terasa lamban dan sangat berat ketika banyak aplikasi digunakan bersamaan. Hal tersebut bakal memakan banyak RAM. Tidak hanya itu saja, bahkan baterai smartphone pun akan cepat terkuras sehingga akan membuat performa yang ada pada smartphone anda menjadi lemot.

Maka dari itulah pastikan Anda tidak membuka terlalu banyak aplikasi. Anda bisa menutup beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai. Hal ini akan membantu memperlancar kinerja dari smartphone jadi tidak lemot.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.