Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bug Media Server

Daftar Isi [Buka]
Cara mengatasi bug media server sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang mempunyai baterai HP boros dan cepat panas. Mengapa? Karena gejala-gejala tersebut merupakan beberapa tanda yang menandakan bahwa smartphone mengalami bug media server. Pada beberapa kasus yang dibagikan oleh pengguna, umumnya ponsel yang mengalami masalah ini adalah Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A6000 Plus. Namun meskipun seperti itu, tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi pada smartphone lain.

Apa Itu Bug Media Server?

cara-mengatasi-bug-media-server

Media Server merupakan salah satu bug atau celah pada smartphone android yang menyebabkan baterai boros dan hp cepat panas. Padahal, tidak ada aktivitas apapun, namun baterai tetap terkuras dengan sangat cepat.

Penyebab terjadinya bug tersebut memang sangat beragam, salah satu di antaranya adalah adanya file. mkv yang ada di HP anda. Ponsel-ponsel jenis tertentu memang amat sensitif dengan file dengan format ini. Penyebab lain yang mungkin menyebabkan terjadinya bug media server ini karena processor terlalu banyak dalam membaca dan memproses file-file media.

Untuk mengetahui apakah smartphone anda mengalami bug media server, kamu bisa memeriksanya dengan masuk ke menu Settings >  Battery. Setelah itu, anda dapat melihat di sana, jika pemakaian media server lebih dari 50%, smartphone anda dapat terindikasi mengalami bug media server.

Cara Mengatasi Bug Media Server

1. Memindahkan File .MKV

Seperti yang disebutkan diatas, salah satu yang dapat menyebabkan munculnya bug media server adalah file berformat MKV. Berikut adalah cara mengatasinya:

  1. Silakan anda periksa apakah di smartphone anda ada file ekstensi .mkv
  2. Jika sudah ketemu, silakan anda pindahkan semua file tersebut di laptop atau komputer. Setelah itu, ganti nama file itu menggunakan ekstensi yang lain, seperti .mk
  3. Buka baterai & SD card, biarkan dingin selama beberapa menit. Sesudah itu, silakan anda masukan lagi ke smartphone anda.
  4. Kini saatnya anda mengecek kembali, apakan smartphone anda sudah tidak terkena bug media server atau tidak. Kembali lakukan pengecekan dengan masuk ke Settings >  Batery
  5. Jika sudah mengalami penurunan dari yang sebelumnya, artinya bug media server anda sudah tidak terkena bug media server. Silakan sekarang pindahkan lagi file berekstensi. MK tadi di smartphone anda.

Sekarang tinggal anda memikirkan, bagaimana memainkan file. MKV itu tanpa terkena bug media server. Berikut ini cara nya:

  1. Silahkan anda install aplikasi MX Player.
  2. Kemudian masuk ke menu yang berupa tiga titik di sebelah kanan, setelah itu pilih Settings.
  3. Kemudian pilih List, selanjutnya klik File extension.
  4. Selanjutnya pilih Add yang ada di pojok kiri bawah dan ketik .MK
  5. Silahkan sekarang anda masuk ke halaman utama MX Player
  6. Sekarang, smartphone anda telah bisa mendeteksi file. MK dan bisa memainkan file. MKV tanpa adanya bug media server.


2. Hapus File Media Corrupt

Bila anda merasa tidak memiliki file berekstensi. MKV pada ponsel anda, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek serta menghapus file-file media yang corrupt. Cari file-file media yang rusak dan mempunyai ukuran sangat kecil, bahkan tidak jarang terdapat yang ukurannya hingga 0 bytes.

Jika anda menjajal satu persatu file foto & gambar satu per satu, mungkin anda akan merasa capek dan jari anda bisa-bisa keriting. Untuk itu, ada sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk mengatasi hal ini, yaitu aplikasi Corrupt Image Finder. Aplikasi ini akan membantu anda untuk menemukan file-file yang corrupt.

Setelah file corrupt dan rusak ini anda hapus, seharusnya media server sudah menurun.

3. Menggunakan Aplikasi

Cara ini mampu dikatakan yang paling simpel dari cara sebelumnya. Anda hanya perlu menginstall sebuah aplikasi gratis bernama mediaserver killer. Anda bisa download aplikasinya secara gratis. Namun sayangnya, untuk dapat menjalankan cara mengatasi bug media server yang satu ini, smartphone anda harus dalam keadaan sudah di root.

Itulah beberapa cara mengatasi bug media server beserta cara yang cepat serta mudah. Cara-cara tersebut mampu anda lakukan untuk mengatasi permasalahan yang sering sulit dipecahkan. Banyak orang yang tidak mengetahui, mengapa hp mereka sangat boros, padahal itu tidak melakukan aktivitas apapun.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.