Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pesan Error Saat Startup

Daftar Isi [Buka]
Apabila anda melihat pesan error maka hal tersebut menempatkan anda dalam kelas korban yang relatif beruntung dalam kaitanya dengan permasalahan komputer. Pesan error memberitahukan tempat spesifik dimana error terjadi, lain halnya dengan gejala yang tidak diketahui penyebabnya seperti layar blank/hitam atau tidak ada power sama sekali. Berikut adalah langkah-langkah cara mengatasinya:

cara-mengatasi-pesan-error-saat-startup

1. Catat Pesan Errornya

Catat dengan detail pesan errornya. Meskipun ini mungkin tampak jelas bagi sebagian orang, menuliskan pesan error secara keseluruhan dan tanpa kesalahan mungkin merupakan hal yang paling penting yang dapat anda lakukan ketika anda menemukan pesan error ketika komputer anda mulai dinyalakan.

Typo / Salah ejaan pada nama file DLL atau menuliskan karakter yang salah dalam kode STOP, bisa membuat anda salah dalam memperbaiki file, driver, ataupun bagian dari perangkat keras yang bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan masalah komputer anda.

2. Error Umum Windows

Seperti yang telah disebutkan di atas, tersedia ribuan macam pesan error yang mungkin tampil selama proses startup komputer anda. Namun, ada beberapa pesan yang lebih sering muncul.

Jika anda cukup "beruntung" untuk menerima salah satu dari kesalahan-kesalahan umum ini. Kamu tak perlu lagi berkeliling mencari solusinya dan dapat memulai pemecahan masalah yang menyebabkan error tersebut. Berikut adalah beberapa code error umum windows:



3. Kode Error Spesifik Lainnya

Jika saat ini belum tersedia informasi pemecahan masalah yang spesifik untuk pesan error, anda mungkin masih mendapatkan keuntungan dari sedikit informasi tentang pesan tersebut.

Berikut adalah link ke daftar pesan error yang barangkali anda lihat:



Anda juga dapat melihat daftar kode error Device Manager dan kode status HTTP tetapi jenis masalah yang menyebabkan error ini bukan jenis yang membuat komputer bermasalah saat startup.

4. Mencari di Internet

Bila anda belum mendapatkannya, anda juga harus mencoba untuk mencari solusi masalah anda menggunakan mesin pencari favorit anda.

Cari dalam mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, atau mesin percari lainnya. Ada banyak panduan troubleshooting lebih dari seribu pesan error tertentu yang pernah dialami orang lain, dan kemungkinan memiliki pesan yang sama dengan yang anda lihat ketika menyalakan komputer Anda.

Pesan error saat startup merupakan indikasi suatu masalah tertentu. Jadi sangat penting untuk memecahkan masalah langsung ke tempat spesifik yang diindikasikan oleh pesan error. Tidak perlu membuang-buang waktu menguji bagian perangkat keras atau mengganti file yang tidak ada hubungannya dengan masalah tersebut.

Untuk hasil terbaik, string pencarian anda harus menyertakan pesan error lengkap / nama file yang merujuk di pesan tersebut, apabila ada.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.