Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Komputer Yang Tidak Menunjukkan Adanya Power

Daftar Isi [Buka]
Di antara banyak penyebab komputer tidak menyala, kehilangnya daya atau tegangan jarang sekali menjadi skenario terburuk. Ada kemungkinan bahwa komputer anda tidak menerima tegangan dikarenakan ada masalah serius tapi itu jarang sekali.

Ada beberapa alasan mengapa komputer Anda tidak bisa menyala, sehingga sangat penting jika Anda mengikuti langkah demi langkah pada tutorial di bawah ini:


1. Menyalakan Tombol Power

Percaya atau tidak, alasan nomor satu mengapa komputer tidak menyala bisa dikarenakan komputer belum dinyalakan dengan benar. Sebelum melakukan proses pemecahan masalah yang kadang-kadang menyita banyak waktu, pastikan anda telah menyalakan setiap saklar dan tombol power pada komputer Anda:

  • Tombol power / switch di bagian depan komputer anda
  • Saklar daya di bagian belakang komputer anda
  • Saklar daya di stopkontak, stavolt, atau UPS (jika anda memilikinya)


2. Periksa Switch Tegangan Power Supply

Khusus untuk desktop, pastikan bahwa switch tegangan power supply diatur dengan benar. Jika tegangan input untuk power supply tidak sesuai dengan pengaturan di negara anda, komputer Anda mungkin tidak akan menyala sama sekali.

Pengubah tegangan power supply merupakan switch kecil yang terletak di bagian belakang power supply. Switch kecil itu digunakan untuk mengatur tegangan input ke power supply baik 110v/115v ataupun 220v/230v. Di Indonesia harusnya di set ke 220v/230v.

3. Kabel Daya Belum Tertancap / Longgar

Periksa semua kabel daya ke komputer yang mungkin masih belum tertancap atau longgar. Kabel listrik yang longgar atau tercabut terkadang menjadi salah satu tanda utama mengapa komputer anda tidak menyala.

Meskipun komputer atau laptop anda menggunakan baterai, anda harus memastikan bahwa adaptor AC terhubung dengan betul, setidaknya selama memperbaiki masalah tersebut. Jika anda selalu menghubungkan komputer ke listrik, lalu komputernya pernah goyang dan sekarang baterainya kosong, mungkin ini salah satu penyebab komputer tidak mendapatkan daya/tegangan.

4. Ganti Kabel Power

Apabila tetap belum menyala, gantilah kabel daya komputer, kabel listrik yang menghubungkan antara komputer & sumber listrik atau stopkontak. Terkadang sebuah kabel listrik yang rusak menjadi salah satu penyebabnya dan itu sangat mudah untuk ditest.

5. Sambung di Stopkontak di Dinding

Sambungkan kabel power dari tablet, laptop, atau komputer anda langsung ke stopkontak di dinding (jika belum). Dengan kata lain, lepaskan kabel olor, baterai cadangan (UPS atau semacamnya), atau perangkat distribusi kompetensi lainnya antara komputer anda dan stop kontak di dinding.

Bila komputer anda mulai menyala setelah melakukan ini, berarti ada sesuatu yang bermasalah antara komputer anda dengan saluran ke stop kontak pada dinding jadi anda kiranya perlu mengganti kabel olor atau perlengkapan distribusi daya lainnya.

6. Test Lampu di Stopkontak

Lakukan "test lampu" untuk mengecek apakah stop kontak anda menyala. Anda juga dapat mengecek menggunakan charger handphone jika ingin lebih mudah, apakah handphone anda menerima listrik dari stopkontak tersebut.

hindari penggunaan multimeter, karena kadang kala ada kebocoran arus listrik yang membuat multimeter menunjukkan ada tegangan, yang memproduksi anda mengira bahwa stop kontak tidak bermasalah. Maka menggunakan beban "nyata" seperti charger HP atau lampu merupakan opsi yang lebih baik.

7. Lepaskan Baterai Utama

Khusus untuk laptop atau tablet, lepaskan baterai terpenting, dan cobalah menggunakan listrik langsung memakai adaptor laptop atau tablet anda. Laptop atau tablet anda tetap dapat digunakan dengan aman tanpa baterai.

Jika laptop atau tablet anda dapat menyala setelah mencobanya tanpa baterai, maka baterai tersebutlah yang bermasalah, serta perlu anda ganti. Jangan khawatir tentang menggunakan laptop atau tablet anda tanpa baterai, anda tetap bisa menggunakan laptop atau tablet anda.

8. Periksa Apakah Pin Power Bengkok

Cobalah periksa stop kontak power di dalam laptop anda dengan hati-hati. Periksa apakah ada pin atau besi kecil yang melengkung ataupun mungkin ada debu yang membuat listrik dari adaptor tidak bisa terhubung di laptop.

Selain memperbaiki emblem bengkok / membersihkan debu, anda barangkali perlu mencari service center profesional untuk memperbaiki masalah besar yang anda lihat. Pastikan untuk melepas baterai internal laptop untuk menghindari risiko tersetrum saat anda mengerjakannya sendiri.

9. Ganti Kabel Power atau AC Adapter

Untuk laptop/tablet, cobalah mengganti tali power atau AC adapter. AC adapter yang rusak maupun berkualitas jelek adalah penyebab umum tablet/laptop tidak siap menyala. Meski anda jarang memakai adaptor itu, jika adaptor tersebut tua, maka tidak akan bisa mengisi ulang baterai anda.

10. Ganti Baterai CMOS

Cobalah untuk mengganti baterai CMOS, khususnya jika komputer anda sudah berumur beberapa tahun, atau telah lama dimatikan tanpa adanya baterai utama. Percaya atau tidak, baterai CMOS yang sudah usang merupakan penyebab umum komputer terlihat tidak dapat menyala.

11. Periksa Power Pin Pada Motherboard

Jika anda menggunakan komputer, periksalah apakah kabel dari tombol power telah menancap pada pin power yang sesuai di motherboard. Meski ini jarang terjadi, namun bisa saja komputer kamu tidak dapat menyala karena ada kesalahan dalam merakit, seperti kesalahan menancapkan kabel dari tombol power ke pin yang sesuai di motherboard.

12. Periksa Power Supply

Pada titik ini sangat mungkin kalau power supply di komputer anda tidak lagi bekerja dan harus diganti. Namun anda harus mengujinya hanya untuk memastikan, cobalah mempergunakan power supply dari komputer lain.

Bau ozon atau suara bernada amat tinggi dan dimana komputer anda tidak menerima daya sedikit pun, merupakan salah satu indikasi bahwa power supply ini usang. SEGERA cabut kabel power pada komputer anda dan ganti power supplynya.

Umumnya, ketika komputer tidak menerima daya, power supply terkadang yang menjadi masalah yang utama. Langkah pemecahan masalah ini tidak boleh dilewati. Beberapa penyebab berikutnya mungkin hampir tidak pernah ataupun jarang sekali terjadi.

14. Motherboard Bermasalah

Jika Anda yakin kalau stop kontak, power supply/AC adaptor, serta tombol power tidak bermasalah, maka kemungkinan ada masalah dengan motherboard komputer anda, dan harus diganti. Tapi, pastikan anda telah mengetes semua pemecahan masalah yang telah diberikan diatas sebelum mengganti motherboard anda.

Motherboard merupakan salah satu bagiaan termahal dalam komputer anda, khususnya Laptop/Tablet.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.