Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Sakit Gigi

Daftar Isi [Buka]
Setiap orang pasti pernah sakit gigi setidaknya sekali seumur hidup. Bukan cuma bikin ngilu saat makan, sakit gigi juga bisa sampai menyebabkan sakit kepala dan badan meriang karena demam. Sayangnya, anda biasanya tidak bisa langsung berobat ke dokter gigi saat masih sakit. Sementara menunggu jadwal konsultasi, anda bisa mencoba berbagai cara mengobati sakit gigi sendiri. Penasaran apa saja obat sakit gigi yang biasa di gunakan?

6 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

cara-mengobati-sakit-gigi

Jika anda sedang sakit gigi, solusi terbaiknya adalah segera berobat ke dokter gigi. Tapi biasanya dokter gigi akan menyarankan anda untuk kembali lagi di lain waktu ketika rasa nyerinya sudah sedikit berkurang. Dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apa pun saat gigi anda masih bermasalah. Berikut cara mengobati sakit gigi yang bisa anda lakukan sementara menunggu jadwal berobat anda.

1. Berkumur Dengan Air Garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling cepat & ampuh, apa pun penyebabnya, adalah dengan berkumur dengan air garam. Cara membuatnya cukup dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam 1 gelas air hangat (240 ml). Setelah itu anda berkumur dengan air garam selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang air bekas kumuran tadi.

Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Sebelum berkumur, anda bisa flossing lebih dahulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar area gigi yang sakit.

2. Kompres Gigi Menggunakan Es Batu

Cara mengobati sakit gigi lainnya ialah dengan mengkompres gigi anda dengan es baru. Masukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis.

Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa perih selama 15 menit. anda juga dapat menempelkan kompres langsung di permukaan gigi yang sakit. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga sakit tak lagi terasa.

Ada 1 trik menarik lain yang bisa anda coba jika ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Pijat area punggung tangan di antara ibu jari serta telunjuk dengan kompres es batu. Pada area itu terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan “dingin” jadi akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi anda.

3. Kunyah Bawang Mentah

Bila ngilunya tidak seberapa, mungkin cara mengobati sakit gigi yang satu ini mampu anda coba. Bawang merah dan bawang putih merupakan obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang.

Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Cara mengobati sakit gigi menggunakan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang bakal melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi menewaskan bakteri.

Jika anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

4. Berkumur Pakai Cuka

Kalau anda kurang berminat dengan asinnya air garam, ada cara lainnya selain dengan air garam untuk mengobati sakit gigi. Yaitu dengan cuka dapur dan cuka apel yang mengandung sifat antibakteri & antimikroba yang ampuh menghabisi kuman penyebab sakit gigi.

Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan terlebih dahulu 1/2 sdt cuka di dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan pada daerah yang sakit kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang air tersebut.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Apabila anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, anda bisa teteskan asid pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang sudah lama digunakan sebagai cara menyembuhkan sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara.

Akan tetapi, hati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut anda, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Amannya tuangkan dulu 2 tetes minyak cengkeh pada kapas, kemudian tempelkan di gigi yang sakit. Kompres sampai rasa sakitnya mereda. anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tahan di lokasi gigi yang sakit. Setelahnya, kumur untuk membilas sisa-sisa cengkeh yang mungkin tertinggal dalam mulut.

6. Daun Jambu

Jangan buang daun jambu jika anda baru saja beli buahnya. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekalian pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara untuk mengobati sakit gigi.

Caranya dengan melipat atau menggulung satu-dua lembar dauan jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak airnya keluar. Dengan lidah anda “tangkap” sari tersebut dan oleskan di dalam area gigi yang sakit.

Jika cara ini sulit buat anda, coba rebus empat sampai lima lembar buah jambu dan tambahkan sejumput garam. Kemudian dinginkan sebentar. Gunakan larutan daun jambu ini sebagai obat untuk berkumur.

4 Cara mengobati sakit gigi memakai obat

Bila anda sudah coba paka cara alami ternyata kurang ampuh untuk anda, mungkin saatnya beralih ke obat. Kebanyakan obat sakit gigi dapat anda beli di apotek ataupun warung terdekat tanpa perlu menebus resep dokter. Namun, sebaiknya tetap temu muka dulu di dokter gigi untuk mencari obat mana yang paling pas buat anda. Berikut ini adalah beberapa pilihan obat sakit gigi yang paling ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda:

1. Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen peroksida adalah pembasmi kuman cair yang sering dijadikan obat berkumur untuk membunuh bakteri penyebab radang gusi.

Caranya anda cukup larutkan hidrogen peroksida dengan air lalu kumur-kumur selama 30 detik. Setelahnya segera buang dan kumur lagi dengan air bersih. Ingat, cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu karena bentuk murninya mampu melukai mulut dan gusi.

Selain sebagai cara menyembuhkan sakit gigi, obat kumur ini pula dapat mengusir bau mulut yang jadi tanda infeksi gusi.

2. Paracetamol

Kemungkinan besar, anda pasti punya persediaan paracetamol di rumah untuk berjaga-jaga kalau sakit. Obat tersebut juga bisa membantu meredakan sakit gigi.

Paracetamol termasuk golongan NSAID yang bekerja menghilangkan nyeri akibat peradangan. Paracetamol juga dapat menurunkan panas dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi.

Namun apabila anda punya alergi / masalah serius pada hati, anda tidak dianjurkan untuk minum obat sakit gigi ini. Maka pastikan anda membaca cara pakainya terlebih dulu pada label kemasan.

3. Ibuprofen

Sama seperti acetaminophen, ibuprofen juga tergolong NSAID yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi beserta masalah penyerta lainnya. Namun, hindari minum ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung.

Jangan pula sembarangan mendobel dosis dengan tujuan agar kian cepat sembuh. Cara ini tidak terbukti lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi, pastikan anda selalu membaca petunjuk pemakaian obat beserta jumlah yang dianjurkan sebelum mengonsumsi obat itu.

4. Naproxen

Naproxen adalah obat pereda nyeri yang juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi tersebut tersedia pada bentuk tablet dengan dosis 220 mg. Contoh merek obat naproxen adalah Xenifar.

Namun, anda harus mewaspadai efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping umum yang sering kali terjadi bila meminum obat ini ialah sakit lambung, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur. Apabila anda disarankan menjalani operasi gigi, cabut gigi misalnya, beri tahu dokter dulu bahwa anda sedang rutin menggunakan naproxen.

Kalau pakai obat medis juga tak kunjung mengobati sakit gigi anda, dokter barangkali akan merekomendasikan obat antibiotik yang dosisnya lebih kuat atau prosedur medis tertentu. Misalnya menambal gigi, pembersihan karang gigi (scaling), perawatan saluran akar gigi (root canal), atau bahkan mencabut gigi yang bermasalah & menggantinya dengan gigi palsu.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.