Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Daftar Isi [Buka]
Buah mengkudu dikenal sejak zaman nenek moyang kita sebagai obat tradisional yang terbukti telah menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Mengkudu yang termasuk family Rubiaceae ini memiliki nama latin Morinda Citrifolia. Selain buahnya, terdapat beberapa manfaat lain yang terkandung dalam akar, batang dan daunnya yang bisa dijadikan obat. Sebelum kita mengulas tentang manfaatnya, mari kita ketahui dulu beberapa kandungan yang ada di dalam buah mengkudu ini.

manfaat-dan-khasiat-buah-mengkudu

Kandungan Nutrisi & Senyawa Buah Mengkudu

Sebenarnya tersedia beberapa nutrisi dan senyawa yang terkandung pada buah mengkudu. Baik nutrisi maupun senyawa tersebut berperan baik bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung di buah mengkudu antara lain ialah vitamin, mineral seperti zat antioksidan, dan protein.

Kemudian sintesis penting yang terdapat dalam buah mengkudu antara lain yaitu magnesium, lycine, plant sterois, sosium, xeronine, arginine, alizarin, phenylalanine, caprylic acid, trace elemens, antra quinines, dan proxeronine. Tentunya masih banyak lagi zat-zat lainnya yang terkandung didalamnya, sebagaimana zat anti kanker, scolopetin, xeronine, terpenoid, serta proxeronine.

Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah mengkudu ini memang buah yang mempunyai banyak khasiat, terutama pada bidang kesehatan. Meskipun rasanya kurang enak jika dikonsumsi langsung, namun tahukah anda apa saja manfaat buah mengkudu ini?

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah mengkudu memang punya beberapa kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi buah mengkudu yang dilengkapi dengan berbagai vitamin, mineral, enzim, peptide, & juga asam amino diketahui dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.

Zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah mengkudu, yaitu Vitamin E dan Koenzim Q10 yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap efek radikal bebas. Sehingga akan baik jika anda mengonsumsi jus mengkudu yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menjaga kestabilan tekanan darah

Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu mampu membantu menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga dengan mengkonsumsi jus mengkudu pula akan bisa mencegah terkena hipertensi.

Anti kuman

Buah mengkudu mengandung senyawa alami seperti skopoletin serta antrakuinon. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai anti bakteri, anti parasit, dan anti jamur sehingga indah untuk menjaga kesehatan kulit.

Anti Inflamasi

Buah mengkudu bermanfaat sebagai anti inflamasi, yaitu dapat menurunkan adanya resiko terkena serangan jantung dan juga dapat mencegah peradangan.

Zat Analgesik

Buah mengkudu mengandung 75% zat analgesik yang diketahui bisa meredakan nyeri pada persendian. Buah mengkudu bermanfaat untuk meredakan nyeri, sedangkan daun mengkudu bermanfaat sebagai pereda sakit kepala.

Zat Anti Kanker

Senyawa 2-methoxy-1, 3, 6-trihydroxyanthraquinone yang terdapat di buah mengkudu dapat beroperasi sebagai zat anti kanker, & mencegah terjadinya kerusakan DNA, serta memelihara sel-sel sehat yang terdapat dalam tubuh.

Manfaat Lain Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Selain beberapa khasiat yang sudah di tulis diatas, terdapat lagi beberapa keguanaan lain dari buah mengkudu. Manfaat itu antara lain:

Gangguan System Pencernaan

Membantu mengatasi masalah radang lambung, perut kembung, keracunan makanan, luka pada usus halus, dan muntah-muntah.

Penyakit Kulit

Penyakit kulit yang dapat diatasi dengan buah mengkudu seperti luka pada kulit, bisul, kurap, luka bakar, kudis, borok, panas hati risa, selulit, ketombe, cacing kulit dan berbagai masalah kesehatan kulit lainnya.

Masalah System Kardiovaskular

Buah mengkudu mampu mengatasi beberapa masalah diantaranya kolesterol tinggi, membantu meningkatkan transportasi oksigen dalam sel, serta penebalan otot pusat.

Gangguan System Pernafasan

Gangguan sistem pernapasan yang dapat diatasi dengan buah mengkudu ialah batuk, sakit tenggorokan, TBC, bronchitis, sinusitis, demam di bayi, asma, dan kolera.

Sakit mulut & kerongkongan

Buah mengkudu sehat menangani masalah radang tenggorokan, batuk, sakit gigi, sariawan serta gusi berdarah.

Gelaran Menstruasi

Nyeri pada waktu haid, sindrom pra menstruasi, dan siklus haid yang tidak teratur dapat diatasi dengan konsumsi buah mengkudu.

Defesiensi Terhadap Daya Tahan Tubuh

Penyakit virus Epstein-Barr, kekurangan tenaga (altered energy syndrome (AES)), candidiasis kronis, dan patogen yang diakibatkan virus HIV dipercaya bisa dibantu diatasi dengan buah mengkudu ini.

Masalah Penyakitt Dalam

Beberapa manfaat mengkudu  yang diyakini siap digunakan berupa obat penyakit dalam yakni diabetes, kencing batu, hepatitis kronis, gangguan fungsi ginjal, gangguan di dalam hormon tiroid, sakit pada pinggul & dapat meredakan sakit kepala.

Menjaga Agar Lebih Awet Muda

Anda bisa membuat tonik dari sari buah mengkudu untuk menekan keriput yang diakibatkan karena adanya proses penuaan.

Itulah sekilas mengenai manfaat buah mengkudu untuk kesehatan serta mengatasi kurang lebih macam masalah kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang membacanya. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk share informasi mengenai buah mengkudu ini ke teman-teman anda.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.