Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Asam Lambung

Daftar Isi [Buka]
Cara Mengatasi Asam Lambung - Asam lambung atau dikenal juga dengan istilah Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) merupakan gejala dari aktivitas keseharian yang tidak sehat. Jika anda sering mengalami nyeri di area ulu hati atau merasakan sensasi panas di area dada hingga tenggorokan, bisa jadi anda sedang mengalami penyakit asam lambung.

GERD adalah penyakit yang hampir mirip dengan refluks asam lambung, namun keduanya tidak sama. Penyakit pencernaan ini bersifat kronis dan biasanya terjadi lebih dari 2 kali setiap minggunya dan kadang bisa terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab Sakit Lambung karena GERD

Penyebab Sakit Lambung karena GERD

Tugas lambung adalah untuk mencerna makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Asam lambung sendiri adalah cairan yang berguna untuk memudahkan lambung untuk mencerna makanan.

Penyakit asam lambung muncul jika lambung memproduksi terlalu banyak asam lambung. Biasanya, asam lambung naik karena anda mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu asam lambung naik.

Terdapat beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan asam sebelah naik seperti:

  1. Tekanan pada perut saat mengalami kehamilan.
  2. Faktor obsesitas.
  3. Sindrom hernia perut.
  4. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol.
  5. Merokok.
  6. Memiliki diabetes.
  7. Mengidap asma.

Gejala Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD)

Gejala Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD)

Saat asam lambung menyerang, jaringan di sepanjang dinding kerongkongan akan teriritasi oleh asam lambung.

Inilah yang menyebabkan sensasi panas atau nyeri di dada ataupun biasa disebut juga dengan istilah heartburn. Berikut adalah beberapa gejala lain yang biasa ditemukan:

  1. Mulut terasa asam.
  2. Tenggorokan perih.
  3. Makanan terasa mengganjal kerongkongan.
  4. Bagian belakang mulut terasa asam.
  5. Mual.
  6. Muntah.
  7. Perut kembung.
  8. Sulit menelan.
  9. Suara serak.
  10. Batuk.
  11. Nyeri di dada.
  12. Cegukan.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Cara Mengatasi Asam Lambung

Ada beberapa cara untuk menurunkan asam lambung tanpa obat. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur kebiasaan sehari-hari atau mengonsumsi makanan tertentu yang baik untuk mengatasi asam lambung seperti jahe dan pisang. Berikut ini adalah cara mengatasi asam lambung:

Mengatasi Asam Lambung dengan Mengatur Kebiasaan

Mengatasi Asam Lambung dengan Mengatur Kebiasaan

1. Memperhatikan Porsi Makan

Makanan dengan porsi besar ternyata bisa memicu refluks. Jika anda memang benar-benar lapar, cobalah untuk makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Menghindari Camilan di Antara Waktu Makan

Kebiasaan yang satu ini bisa membuat lambung anda kesulitan mencerna makanan dikarena makanan yang terlalu banyak. Akibatnya, waktu yang diperlukan untuk mencerna makanan pada lambung akan lebih lama.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi

3. Mengunyah Makanan Dengan Benar

Walaupun terkesan sepele, hal ini harus diperhatikan sebab mengunyah dengan benar membantu enzim mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah. Hal ini bisa membuat risiko asam lambung berkurang.

4. Makan Secara Teratur

Salah satu unsur utama seseorang mengidap asam lambung adalah karena pola makan yang tidak teratur. Maka dari itu, anda harus usahakan agar makan secara teratur untuk menghindari terkena asam lambung.

Baca juga: Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Selain itu, disarankan pula untuk tidak makan dua jam sebelum tidur dikarena mampu memicu asam naik ke tenggorokan ketika tidur.

5. Tidur secara Posisi Kepala dan Dada yang Lebih Tinggi

Anda pun bisa mengatasi asam lambung dengan cara sederhana seperti menaikkan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi dari tubuh bagian bawah anda. Bagian tubuh yang paling penting untuk dinaikkan ialah dari pinggang hingga kepala.

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan Alami

1. Dengan Mengunyah Permen Karet

Menurut sebuah jurnal dari Dental Research, mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan bisa menangani asam lambung atau setidaknya mengurangi rasa nyeri dari asam lambung.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

"Mengunyah permen karet akan merangsang laju pelepasan air liur. Asam yang terakumulasi di lambung akan tercuci dan bersih lebih cepat. Asam akan lekas hilang dan tanda GERD berkurang" Dr Rebecca Moazzez.

2. Meminum Campuran Baking Soda dan Air

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa baking soda bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri dada karena asam lambung. Hal ini disebabkan oleh sifat basa yang bisa di menetralkan asam.

Dr Jacqueline L Wolf Md, seorang ahli kesehatan dari sekolah kedokteran tersebut merekomendasikan campuran 1/2 hingga 1 sendok teh baking soda dan segelas air.

Namun, anda harus menghindari minuman ini jika asam lambung anda naik terlalu sering oleh karena itu kandungan garamnya bisa mengakibatkan efek samping mual & muntah.

3. Meminum 1/2 Gelas Lidah Buaya

"Lidah buaya dapat meredakan inflamasi di kerongkongan (esofagus) sebagaimana halnya di lambung, " Kata Dr. Victor Sierpina Md. dari University of Texas Medical Branch mengenai manfaat lidah buaya saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Dr. Victor Sierpina Md. Merekomendasikan penderitanya untuk meminum 1/2 gelas jus lidah buaya sebelum makan untuk orang yang sering mengalami refluks asam lambung.

Efek samping yang harus anda antisipasi adalah anda akan sering buang air besar.

4. Mengonsumsi Jahe

Anda harus hati-hati untuk menggunakan cara yang satu ini, di karenakan jahe hanya bermanfaat bila dikonsumsi secara takaran yang pas.

Bila anda konsumsi lebih dari 2-4 gram sehari, jahe justru akan memperburuk nyeri segi akibat asam lambung.

Meskipun belum banyak penelitian mengenai manfaat jahe dalam mengatasi asam lambung, banyak pengalaman yang menyatakan khasiatnya.

Anda cukup gunakan bahan tersebut sebagai bumbu masakan di makanan yang memiliki risiko meningkatkan asam lambung.

5. Mengonsumsi Pisang

Selain rasanya enak serta banyak gizi, makan ini ternyata baik untuk mengatasi asam lambung dikarena bisa dijadikan antasida alami.

Antasida alami ini yang akan melapisi benteng perut dan saluran pencernaan sehingga lambung anda akan terhindar dari iritasi.

Baca Juga: Manfaat Teh Biru Bunga Telang

Namun, tidak semua asam lambung cocok diredakan dengan mengonsumsi pisang. Dalam beberapa kasus, pisang malahan memperburuk kondisi penderita asam lambung.

Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan kembali jika anda ingin mengomsumsi buah yang satu ini.

6. Meminum Ramuan Alami dari Mentimun

Berikut merupakan cara menghasilkan ramuan alami dari mentimun yang ampuh untuk menangani asam lambung:

  • Pilih mentimun yang segar.
  • Iris secara ketebalan 1 cm.
  • Makan 2 potong mentimun pada setiap 2 jam sekali untuk mengurangi sakit asam lambung (jumlah mentimun tergantung seberapa sakit gejala).
  • Kupas kulit dan buang bijinya agar kandungan nutrisi dan kesegarannya tetap terjaga.
  • Campur dengan bahan lain yang berkhasiat untuk meredakan sakit asam lambung seperti dengan mencampur yoghurt, wortel, dan daun min.
  • Untuk cara yang lain, campur 1 cangkir yoghurt dan setengah buah mentimun parut dengan merica, bawang putih, & merica secukupnya.

Anda bisa menggunakan ramuan alami tersebut sebagai saus untuk salad atau roti.

7. Mengonsumsi Kacang Hijau

Makanan yang satu ini sangat baik untuk mengurangi penyakit yang satu ini karena dapat menebalkan lapisan lambung. Kacang hijau ini juga berkhasiat untuk menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

Jika anda ingin merasakan hasil yang maksimal, konsumsilah secara rutin dengan cara mengolahnya menjadi bubur kacang hijau.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada

Ketika asam lambung naik ke dada, akan timbul sensasi nyeri dan rasa terbakar dalam kerongkongan.

Untuk mengatasa ini, anda bisa melakukan bebeberapa gerakan sederhana diantaranya:

  1. meninggikan kepala saat berbaring.
  2. tidur berbaring pada sisi kiri.

Kedua cara tersebut dapat menghilangkan asam lambung menurut beberapa analisis studi.

Makanan dan Minuman Penyebab Asam Lambung

Makanan dan Minuman Penyebab Asam Lambung

Ada juga beberapa jenis makanan khusus yang mampu memicu penyakit asam lambung ini. Untuk itu, ada baiknya anda menghindari semua jenis makanan yang disebutkan di bawah ini.

1. Cokelat

Cokelat adalah makan yang mengandung kafein serta theobromine yang bisa meningkatkan asam lambung anda. Selain itu, makanan favorit banyak orang ini juga disebut bisa melemahkan kekuatan otot pada bagian tenggorokan. Lebih parahnya, kandungan lemak yang tinggi pada cokelat juga dapat membuat penyakit mag kambuh.

2. Minuman Bersoda

Selain membuat perut anda kembung minuman berkarbonasi ini bisa memicu peningkatan asam lambung.

Sama seperti alasan sebelumnya, hal ini dikarenakan oleh katup pada kerongkongan yang melemah akibat mengonsumsi minuman yang bersoda.

Selain itu, kafein merupakan kandungan lainnya yang harus dihindari para penderita penyakit asam lambung.

3. Makanan yang Digoreng

Ternyata makanan yang satu ini bisa memuci asam lambung anda naik. Soalnya, kandungan lemak yang tinggi dapat melemahkan otot pada katup tenggorokan anda.

Akibat dari makan ini adalah asam sisi menjadi gampang naik dan menjalar di area ulu hati, dada, dan kerongkongan anda.

4. Kopi

Anda suka minum kopi? kalo anda suka minum kopi tapi anda punya penyakit asam lambung lebih baik jangan meminum kopi di karenakan kopi mengandung kafein.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Teh Daun Jati Cina

Anda boleh sesekali minum kopi akan tetapi, jika terlalu sering meminum kopi. Ini bisa memicu asam lambung anda naik, jika anda suka minum kopi lebih baik ganti kopi anda dengan teh chamomile atau teh hijau.

5. Alkohol

Alkohol adalah minuman "berbahaya" lainnya yang mesti anda hindari jika anda mengidap penyakit asam lambung. Ada beberapa cara yang dilakukan alkohol untuk membuat asam lambung anda naik.

Menurut penjelasan yang dikeluarkan oleh Journal of Zhejiang University Science B, alkohol ini dapat membuat otot anda pada bagian katup kerongkongan menjadi lemah.

Selain itu, minuman beralkohol. Khususnya pada anggur dan bir, bisa meningkatkan jumlah produksi asam lambung anda. Kedua hal tersebutlah yang memicu rasa terbakar di dalam dada atau dikenal dengan nama heartburn.

Jika anda terlalu sering mengonsumsi alkohol, kerongkongan anda akan lebih sensitif terhadap asam lambung dikarena lapisannya yang perlahan-lahan teriritasi.

Jadi, jika anda menderita penyakit asam lambung. Jangan sesekali mengkomsumsi minuman yang beralkohol jaga lah kesehatan anda.

6. Makanan Pedas

Sudah tidak perlu ditanya lagi kalau makanan yang pedas merupakan sumber dari penyakit perut, mulas, hingga naiknya asam lambung.

Soalnya makanan pedas dilengkapi dengan cabai pedas yang mengandung zat capsaicin yang ternyata mampu memperlambat sistem pencernaan anda.

Kalau sistem pencernaan sampai terlambat, tentunya proses pencernaan akan memakan waktu yang lebih banyak. Padahal, jika makanan yang terlalu lama dicerna akan meningkatkan akibat asam lambung anda naik.

7. Makanan Asin

Hampir sama seperti makanan pedas, makanan asin pun sama berbahayanya untuk para penderita masalah kesehatan asam lambung.

Tapi, sebenarnya tidak pernah ada penelitian yang menunjukkan bagaimana makanan asin bisa jadi pemicu. Salah satu kemungkinannya ialah akibat makanan asin yang konsumsi bersama dengan gorengan serta makanan berlemak yang lain.

8. Buah Citrun

Buah citrun meliputi jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Mungkin, anda pernah mendengar kalau jeruk nipis berkhasiat untuk mengatasi batuk.

Namun, buah itu ternyata tidak baik untuk penderita penyakit asam lambung. Hal ini dibuktikan di sebuah penelitian yang dimuat dalam the Korean Journal of Gastroenterlogy.

Dari 382 peserta yang mengeluhkan sakit dada terbakar yang adalah gejala mag, 67% nya ternyata mengalami keparahan gejala setelah mengonsumsi jeruk.

Salah satu kemungkinan besar mengapa tersebut terjadi ialah kandungan asam yang terdapat pada buah-buahan citrun.

9. Tomat

Selain buah citrun, tomat juga ternyata masuk ke dalam salah satu risiko yang harus anda hindari. Soalnya, Buah yang satu ini memiliki kandungan asam nitrat dan asam malat yang bisa memicu naiknya asam lambung anda.

Jika anda mengonsumsi terlalu banyak tomat, kandungan asam ternyata bisa memengaruhi sistem pencernaan anda.

Obat Untuk Mengatasi Asam Lambung

Obat Untuk Mengatasi Asam Lambung

Jika cara-cara diatas tadi ternyata tidak membantu, salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan membeli obat asam lambung. Berikut ini beberapa obat yang bisa anda temukan di toko obat terdekat:

  • Antasida: Beberapa antasida seperti Mylanta, Malox, Rolaids, dan lain-lain memiliki kandungan simetiko yang bisa membantu menyingkirkan gas berlebih di tubuh anda.
  • H-2 receptor blockers: Obat-obatan seperti Tagamet, Axid AR, Zantac, dan Pepcid bisa anda gunakan untuk mengurangi produksi asam lambung hingga 12 jam.
  • Proton pump inhibitors (PPIs): Prolosec & Prevacid 24 HR merupakan obat bebas yang mampu mengatasi asam lambung lebih baik dari pada antasida serta H2 receptor block.

Sebagai catatan, selalu ingat untuk membaca petunjuk cara memakai obat asam lambung yang tertera di label informasi produk.

Silahkan anda baca dengan teliti seberapa banyak dosis yang diperlukan dan interaksi apa saja yang mungkin berlangsung setelah menggunakan obat itu. Jika keadaan tidak kunjung membaik, segeralah periksakan kondisi anda ke dokter

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian. Terima Kasih, Isky Blog
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.