Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Video Lirik Lagu

Daftar Isi [Buka]
Video Lirik adalah video yang menampilkan lirik lagu ketika musik sedang diputar, dengan membuat video lirik anda bisa membagikan kata-kata di lagu favorit anda bisa di youtube ataupun di website bebagi video lainnya.
Cara Membuat Video Lirik Lagu

Pada artikel ini software yang saya gunakan adalah Kanto Syncro dan Lyric Video Creator, untuk cara-caranya silahkan lihat di bawah ini atau klik Daftar Isi di atas.


Cara Membuat Video Lirik Lagu Dengan Kanto Syncro

Menggunakan software kanto syncro ini sangat lah mudah untuk membuat video lyrics lagu di laptop atau komputer anda karna software kanto syncro ini ialah salah satu software terbaik untuk membuat video karaoke dari mp3. Mau tau cara nya? yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Download dan install dulu software kanto syncro klik di sini untuk mendownload . Di web tersebut ada 2 versi yaitu untuk windows dan MAC, kalo kalian memakai Operation Sistem (OS) Windows silahkan download yang windows.
  2. Kalo sudah di install silahkan buka software kanto syncro nya terus klik tombol free trial (Karna ini versi demo video nya hanya 60 detik aja atau 1 menitan kalo mau lebih silahkan beli software).
  3. Setelah anda download dan install software kanto syncro silahkan anda cari atau download file musik yang sudah berformat mp3, ingat ya format nya mp3 bukan mp4,wav,acc,ogg pokok nya harus mp3. Kalo anda sudah dapat file musik nya anda jangan lupa juga cari lirik lagu nya entah itu dari web lirik.kapanlagi.com atau youtube (kalo ada lirik nya).
  4. Jika sudah anda install software nya dan sudah ada lagu dan lirik nya silahkan anda klik browser song untuk memilih lagu dan  load lyrics from file atau copy & paste lirik nya di panel kanan.
  5. Jika sudah silahkan anda klik tombol start syncro untuk memulai sinkronisasi lagu dan lirik nya, software kanto syncro ini akan memutar file lagu dan anda harus mengklik tombol set untuk menyinkronkan setiap lirik dengan lagu.
  6. Kalo sudah selesai silahkan anda cek dengan klik tombol Previews untuk melihat hasil sinkronisasinya.
  7. Jika anda sudah merasa cukup sinkronisasi lirik dan lagu nya silahakan anda klik Finish & Save untuk menyimpan file hasil dari sinkronisasi tadi dengan format mp4 atau avi sebagai format output file sinkronasi tadi.
  8. Setelah anda klik file output mp4/avi nanti akan muncul dimana anda akan menyimpan file tersebut dan silahkan kasih nama file tersebut dan klik save/simpan.

Cara Membuat Video Lirik Lagu Dengan Lyrics Video Creator

Software kedua untuk membuat video lirik lagu yaitu lyrics video creator, software ini cukup sederhana dan gampang di gunakan silahkan klik disini untuk download softwarenya. Berikut langkah-langkah cara membuat video lirik lagu dengan lyrics video creator:


Impor trek musik latar belakang

Silahakan anda klik pada kiri atas pada browser song untuk memilih file mp3 anda yang akan digunakan sebagai lagu untuk video anda. Program ini mendukung impor file audio MP3 dan bahkan file MP4.

Segera setelah memuat lagu, Anda akan melihat semacam gelombang yang terkait dengan file audio yang diimpor.


Muat latar belakang video

Lyrics Video Creator ini memiliki latar belakang video yang siap untuk digunakan. Anda cukup klik pada tombol SET BACKGROUND VIDEO untuk membuka folder file video yang dapat anda tetapkan sebagai latar belakang. Anda juga bisa melihat latar belakang video lain dari komputer anda. Setelah Download background video yang diinginkan, Anda bisa mengimpornya ke dalam software lyrics video creator.


Memuat teks/lirik

Jika Anda membuat "video karaoke", cari saja lirik lagu itu di Google lalu salin dan tempel di sebelah kanan software. Dengan mengklik "Paste dari clipboard" anda bisa menempelkan teks apapun yang ingin anda salin dari dokumen atau dari website.


Sinkronisasi teks dan musik

Berikut adalah 2 hal sederhana untuk yang dapat menyinkronkan lyrics dengan musik di software lyrics video creator:

  • Pertama anda klik tombol start untuk memutar lagu
  • Setelah itu anda klik set agar menyinkronkan setiap kata-kata dengan lagu yang anda import tadi.
  • Nanti saat disinkronkan akan muncul nomor hijau yang menunnjukkan nilai waktu di mana kata-kata nya akan di sorot selama pemutaran video musik, nomor ini penting dikarenakan jika terjadi kesalahan saat sinkronisasi, anda dapat mengubah nya dengan memilih nomor tersebut lalu ctrl + panah kiri atau kanan.
  • Silahkan anda klik pada tombol stop di akhir lagu.
  • Jika anda ingin melihat hasil nya silahkan anda klik tombol preview. Jika Anda menggunakan program versi percobaan gratis, pratinjau video hanya akan tersedia untuk 60 detik pertama dan kemudian akan ditutup.

Kalau anda sudah tidak suka sinkronisasi nya anda dapat mengulanginya dengan cara klik tombol reet all dan anda bisa memulai dari awal lagi jika sudah oke sinkronisasi nya anda dapat melanjutkan nya.


Mengekspor video MP4 atau AVI

Ketika semuanya sudah siap dan memenuhi kebutuhan Anda,Silahkan anda anda melanjutkan dengan mengekspor vide anda ke laptop atau komputer anda. Untuk melakukannya, klik CREATE VIDEO di bagian kiri bawah layar program. Jika Anda menggunakan versi demo gratis, nanti akan muncul pertanyaan apa anda ingin membeli license atau melanjutkan mengeskpor video nya hanya dengan 60 detik video lirik pertama.

Silahkan anda klik ya untuk melanjutkan dengan membeli license atau jika anda tidak mau membeli license nya silahkan klik tombol tidak untuk melanjutkan versi demo dari software tersebut.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.