Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

Daftar Isi [Buka]
Ketika membeli laptop baru atau bekas, tentu saja spesifikasi pada laptop menjadi hal yang harus dicek maupun dilihat. Hal itu tentu saja untuk memastikan performa di laptop yang nantinya kita akan uji coba untuk berbagai macam sesuatu.

Pada umumnya spesifikasi laptop sudah tertera pada brosur yang sudah disediakan oleh penjual. Serta ada juga yang tertera pada laptopnya langsung biasanya lokasinya terletak di dekat keyboard. Namun walaupun dengan adanya informasi-informasi mengenai spesifikasi laptop, terkadang anda tidak bisa percaya 100%.

Agar percaya 100% bahwa spesifikasi yang tertera di dalam laptop benar-benar sama, maka kita perlu mengeceknya. Saya menyebutkan seperti ini dikarenakan saya pernah mengalami taktik yang kurang menyenangkan. Dimana di brosur ataupun dalam tulisan laptopnya malah berbeda. Maka dari itu perlu pengecekan secara langsung.

Akan tetapi untuk anda yang masih bingung bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop, jangan khawatir akan hal tersebut. Dengan menerapkan langkah-langkah pada bawah ini dijamin anda bakal bisa mengetahui spesifikasi laptop anda secara real. Lebih jelasnya silahkan simak cara di bawah ini.

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop


Sebenarnya terdapat berbagai macam cara untuk mengecek informasi mengenai spesifikasi laptop anda, di bawah ini saya ringkaskan secara mudah untuk anda pahami.

1. Memanfaatkan Fitur Explorer (File Manager)

Cara pertama yang sering banget digunakan pada umumnya dalam mengetahui tentang spesifikasi pada laptop yaitu dengan fitur menu explorer. Untuk caranya sendiri silahkan simak di bawah ini:

  1. Langkah pertama silahkan buka Explorer/Folder
  2. Berikutnya silahkan klik kanan di My Computer
  3. Maka secara otomatis akan muncul beberapa opsi dan pilihan
  4. Pilih saja Properties.

cara-mengecek-spesifikasi-laptop

Maka secara otomatis berbagai macam informasi mengenai laptop anda akan di tampilkan seperti gambar di atas. Entah mulai dari prosesor yang digunakan, ram yang digunakan serta masih banyak lainnya lagi.

2. Cara Mengecek Informasi Laptop Menggunakan DXDIAG

Apabila anda masih bingung, silahkan gunakan cara kedua, yaitu dengan menggunakan dxdiag. Menurut saya cara pertama tadi lebih mudah, namun tidak ada salahnya jika mencoba cara yang ke 2 ini. Untuk langkah-langkahnya anda silahkan perhatikan di bawah ini:

  • Langkah pertama silah anda buka run, bila anda bingung tekan saja Windows+R pada keyboard laptop
  • Setelah itu silahkan ketik kata dxdiag di dalam kolom run
  • Berikutnya tinggal klik Enter
  • Disitu nantinya anda akan melihat informasi laptop yang anda gunakan secara jelas (liat gambar di bawah)
cara-mengecek-spesifikasi-laptop-dxdiag


3. Menggunakan Software Speccy

Jalan selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu menggunakan software speccy. Dimana nantinya software ini bisa membantu anda dalam menampilkan informasi tentang spesifikasi laptop yang anda gunakan tersebut. Untuk caranya silahkan anda ikuti di bawah ini:

  • Langkah pertama silahkan download software tersebut, downlaod speccy.
  • Selanjutnya install software itu di perangkat anda baik laptop, pc, atau komputer anda
  • Jika sudah diinstalll maka berikutnya tinggal buka aplikasinya, dan disitu dengan otomatis anda bisa tahu tampilan rinci mengenai infomasi laptop yang anda gunakan. Silahkan liat gambar di bawah ini
cara-mengecek-spesifikasi-laptop-speccy


Jadi itulah ketiga cara yang sering dilakukan oleh orang-orang dalam mengecek spesifikasi laptop atau komputer. Jika anda ragu dalam mengecek spesifikasi pada laptop, maka anda bisa meminta bantuan orang lain untuk membantu mengecek informasi tentang laptop anda yang baru saja anda beli.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.