Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Jadi Youtuber Sukses? Anda Perlu Miliki Perlengkapan Youtuber Ini Agar Sukses

Daftar Isi [Buka]
Youtuber sekarang banyak diminati oleh berbagai kalangan baik anak –anak, remaja, anak muda sampai dengan orang dewasa. Pasalnya, menjadi seorang youtuber menjanjikan penghasilan yang sangat menguntungkan.

Tak heran kebanyakan orang akan berupaya mempersiapkan berbagai perlengkapan youtuber yang perlu dimiliki untuk memulai nya. Mulai dari perlengkapan untuk Android yang murah sampai dengan yang mahal. Apakah Anda juga demikian?

Jangan khawatir, kalau Anda tidak bisa memiliki perlengkapan youtuber yang digunakan mereka yang sudah terkenal karena bervariasi kendala seperti biaya, daerah yang terpencil atau kurangnya pengetahuan. Sebab tak jarang berbagai peralatan youtuber juga dapat dijangkau dengan harga terjangkau dan mudah di dapatkan.

Perlengkapan-Youtuber-Yang-Perlu-Anda-Miliki


Perlengkapan tersebut pula banyak disediakan di Aplikasi belanja online atau media sosial. Tidak banyak yang tahu juga bahwa banyak dari para kreator video youtube yang populer memulai bisnisnya dengan barang –barang sederhana dan murah.

Apalagi untuk pembuatan channel You Tube bisa dikatakan sangat mudah dan didapat secara gratis bukan? Anda hanya cukup melakukan pendaftaran secara email dan channel anda sudah selesai. Nah, sebenarnya alat –alat yang dipakai untuk buat video youtube yang bagus bisa anda miliki dengan alat –alat yang sudah ada disekitar Anda atau dengan meminjam kepada teman terlebih dahulu. Anggap saja ini adalah modal pertama menjadi seorang calon Youtuber.

Biasanya semua keperluan dan perlengkapan menjadi Youtuber dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan dan tujuan Anda. Misalnya peralatan untuk Youtuber Gaming dengan Youtuber Traveling pasti memiliki kebutuhan yang berbeda bukan? Jadi anda perlu selektif dan melihat apa saja kebutuhan untuk menunjang pembuatan video yang bagus dan keren sebagai konten Anda di Channel Youtube. Nah, selagi memikirkan apa saja yang butuh Anda persiapkan, silahkan untuk simak uraian berikut yang membahas peralatan dasar untuk anda yang ingin jadi Youtuber Professional.

Perlengkapan Youtuber Yang Perlu Anda Miliki

pengen-jadi-youtuber-sukses-anda-perlu-perlengkapan-youtuber-ini

Komputer ataupun Laptop

Memang ada saja yang cukup menggunakan Handphone untuk membuat konten video You Tube. Namun, lebih bagus lagi kalau Anda bisa menggunakan komputer / laptop untuk mengedit dan mempercantik video. Anda bakal dipermudah karena pandangan yang lebih luas serta bebas dalam mengedit.

Seringkali fitur pengeditan video akan lebih lengkap dan mudah apabila anda menggunakan komputer saku atau laptop. Untuk penggunaan laptop atau komputer yang disarankan merupakan komputer dengan minimal processor Quad Core dan RAM 4GB sudah biasa cukup tapi lebih bagus lagi kalo processor itu I 3/I 5/ I 7 dan RAM 8GB++ agar tidak lag saat ngerender video anda.

Software Pengedit Video dan Foto

Software-Pengedit-Video-dan-Foto

Pernah menggunakan Software edit video sebelumnya? Itu adalah alat pembantu untuk mempercantik video Anda dengan bermacam-macam macam effect, sticker, transisi, gambar & lain sebagainya. Sekarang itu banyak sekali muncul aplikasi untuk edit video baik untuk Android maupun komputer ataupun laptop. Mungkin anda pernah bertanya bagusan adobe premiere atau vegas pro? silahkan ke artikel ini untuk jawaban anda: Adobe Premiere Pro Vs Vegas Pro

Untuk yang satu ini juga sebenarnya anda tidak butuh mengambil software yang mahal jika tidak terlalu membutuhkannya. Video alami tanpa edit pula punya daya tarik tersendiri. Aplikasi gratis serupa alternatif yang bisa anda coba gunakan adalah Open Source yang menyerupai OpenShot.

Kemauan dan Niat

Untuk menjadi Youtuber tidak hanya membutuhkan peralatan canggih atau lengkap tetapi juga harus dibarengi beserta niat dan ketekunan. Ini menjadi modal anda untuk bisa sukses. Sebab sewaktu pertama kali Anda terjun dalam dunia Youtube, konten video yang anda tayangkan tentu saja tidak dapat langsung trending atau menghasilkan uang bukan?

Disini Anda perlu bersabar dan terus konsisten mengupload video meskipun belum mendapatkan hasil. Jika anda tidak memiliki kemauan dan niat semua akan menjadi percuma saja. Sifat ingin meniru orang lain perlu anda barengi dengan niat yang besar. Ingatlah meskipun hanya dengan modal yang pas-pasan jika anda tekun tidak menutup kemungkinan salah satu video anda akan menjadi trend di Youtube.

Kamera

kamera-youtuber

Benda yang satu ini ialah pondasi utama seorang youtuber untuk bisa membuat sebuah konten video. Bertugas untuk merekam kegiatan yang dilakuan, maka pemilihan jenis kamera apa yang digunakan pun demi turut untuk diperhatikan. Sekarang ini ada banyak sekali macam-macam kamera yang diperjual belikan. Harga dan spesifikasi nya pun bervariasi dari yang paling canggih & mahal sampai dengan alat potret biasa yang murah. Namun, tak rumpang juga yang menjual kamera canggih serta modern dengan harga murah.

Inilah yang dibutuhkan para youtuber, Anda mampu coba untuk mencari tipe kamera beserta resolusi yang bagus dan mumpuni dengan kamera video yang sudah full HD 1080P. Umumnya kamera secara harga setidaknya 2 jutaan Anda telah bisa mendapatkan kamera beserta kualitas yang bagus.

Memory Card

memory-card

Sebagai pelengkap kamera, Memory Card amat penting. Sebuah kamera tidak akan bisa digunakan bila tidak ada kartu memori nya bukan? Oleh sebab itulah Anda perlu membeli sebuah memori yang mempunyai spesifikasi kapasitas yang cukup untuk merekam & menyimpan video. Ada baiknya anda disarankan untuk membeli memory card dengan minimal berkapasitas 16 GB. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk berjaga -jaga jika semasih waktu kapasitasnya telah mencapai batas penuh.

Tripod/Monopod

tripod-atau-monopod

Apabila Anda diposisikan sebagai seorang penonton, pasti bukan menginginkan jika video yang diputar goyang- goyang serta tidak stabil bukan? Nah, oleh sebab itu untuk menunjang membuat konten video yang bagus dan layak ditonton anda memerlukan Tripod atau Monopod untuk menopang kamera Anda supaya tetap stabil dan kuat. Biasanya Youtuber yang mengusung tema vlog, wawancara, travel dan lain sebagainya sangat membutuhkan alat ini. Khususnya luar biasa membantu jika Anda cuma bekerja seorang diri atau tanpa tim.

Jaringan Internet

Sudah punya semua alat youtube yang canggih tapi tidak menyimpan jaringan internet, tentu aja semua akan menjadi sia-sia. Menjadi seorang youtuber sudah pasti memerlukan kuota internet yang tidak sedikit. Maka apabila perlu serta memungkinkan cobalah untuk gunakan internet yang unlimited.

Tersebut disebabkan karena semakin baiknya kualitas video maka semakin besar juga ukuran pada filenya. Apabila Anda memakai periode maka hanya secara wahid video upload sekadar, bagian Anda akan cepat tersedot habis. Maka, perhatikan kebutuhan kuota paket dunia maya anda. Jangan lupa juga untuk Optimasi SEO untuk Video Youtube anda

Lighting

Apabila anda sekarang sedang membangun ruangan atau studio khusus untuk bisnis You Tube anda, maka peralatan yang satu ini sangat dibutuhkan. Seperti yang kita tahu lighting berguna dalam hal pencahayaan yang dibutuhkan untuk menghilangkan “Bagian gelap” daripada sisi studio. Tentu saja lighting dapat meningkatkan pembawaan video yang akan Anda buat tersebut. Namun, bila anda banyak memanfaatkan diluar ruangan, maka alat tersebut bukan diperlukan karena dapat memanfaatkan cahaya matahari.

Microphone

Alat Microphone memiliki peran dan fungsi dalam sesuatu menghasilkan kualitas suara yang bagus dan berkualitas. Dalam pembuatan konten video sendiri, audio adalah salah wahid yang patut untuk diperhatikan. Terkhususnya video yang mengandalkan berupa narasi / vlog yang di dalamnya mengandung banyak dialog atau perbincangan di depan kamera. Microphone otonom memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan kehendak anda.

Micrphone Lavalier/Clip on mic merupakan jenis microphone yang seringkali cocok digunakan sama seorang youtuber yang memerlukan kepraktisan seperti halnya travel blogger.
Condensor Microphone biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang mengusung youtuber gamer.
Shotgun Microphone adalah macam microphone yang mempunyai kekhususan untuk menerima sinyal tanggapan hanya dari satu arah saja. Bentuknya yang menyerupai silinder, mampu menangkap kualitas suara yang baik daripada arah depan.

Background

Khususnya buat Anda sebagai youtuber yang mengangkat tema pada ruangan, oleh karena itu background adalah salah satu lainnya yang mampu Anda perhitungkan. Background yang bagus hendak menciptakan suasana tersendiri. Misalnya akan terlihat lebih profesional, bermutu, menarik dalam pembuatan video.

Bila dalam ruangan, apakah bagus kalau anda hanya mempergunakan latar belakang tembok ruangan? Bukankah kurang memukau? Inilah fungsi background yang akan membuat gambar video Anda kian terlihat keren.

Menjadi youtuber yang sukses dan berhasil bukan terletak pada perlengkapan yang canggih dan modern tetapi bertolak pada kreativitas & ketekunan anda untuk langsung berkarya. Jadi, miliki taktik pertama tersebut terlebih dulu kemudian segala kebutuhan yang lainnya bisa ditambahkan.

Peralatan yang disebutkan diatas tidak begitu sulit bukan? Anda bisa mendapatkannya dilingkungan sekitar anda bahkan mungkin sudah anda miliki peralatan tersebut
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.