Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Insomnia

Daftar Isi [Buka]
Apakah anda sering sulit sekali tidur pada malam hari? Kurang tidur atau Insomnia adalah penyebab menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tahan tubuh melemah.

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk terlelap maupun untuk tetap terlelap.

Padahal tidur merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan dan memperbaiki sel-sel yang rusak & menjadikan tubuh pulih kembali.

Penyebab insomnia paling umum adalah kecemasan, stres, serta kebiasaan tidur yang buruk. Konsumsi obat tidur menjadi salah satu cara namun tidak direkomendasikan oleh dokter. Berikut adalah jenis dan cara mengatasi insomnia yang perlu anda ketahui:

Beberapa Jenis Insomnia

Insomnia terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebab & lama waktu terjadinya. Insomnia terbagi menjadi:

Berdasarkan Penyebab Insomnia

- Insomnia Primer: terjadi bukan karena gangguan kesehatan
- Insomnia Sekunder: terjadi akibat hasil dari gangguan kesehatan tertentu.

Berdasarkan Lama Waktu Terjadinya Insomnia

Insomnia Akut: terjadi dalam waktu pendek karena faktor eksternal seperti gugup, stress serta khawatir. Biasanya terjadi selama satu malam atau beberapa minggu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung

Insomnia Kronis: terjadi dalam waktu yg panjang karena kondisi psikologi yang kurang baik. Biasanya bisa terjadi hingga kurang lebih bulan.

Cara Mengatasi Insomnia Parah

Cara Mengatasi Insomnia Parah

1. Tempat tidur khusus untuk tidur

Jaga pikiranmu secara jelas tentang kegunaan tempat tidur. Jika anda terbiasa melakukan berbagai hal di tempat tidur, tubuh akan mengembangkan kebiasaan yang mengarah pada insomnia. Jika terbangun di tengah malam, bangkit dari tempat tidur selama kira-kira 20 menit. Ajarkan kepada tubuh anda bawah tempat tidur adalah tempat untuk bangun dan tidur.

2. Terapkan jam tidur yang teratur

Pergi tidur dan bangun tidur pada jam yang sama setiap hari akan membuat tubuh anda terbiasa untuk tidur nyenyak. Cara mengatasi insomnia dengan alami adalah dengan memilih jam tidur saat anda merasa lelah & mengantuk setiap malam.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sesak Napas

3. Meditasi

Meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, akan tetapi cara terbaik untuk mengistirahatkan otak anda setelah menjalani hari yang panjang. Anda bisa mencoba latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh anda santai dan tetap fokus.

4. Mandi dengan air hangat

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. Soalnya, sesudah mandi badan anda akan rileks dan anda akan cepat mengantuk.

5. Jangan main gadget saat mau tidur

Jangan mencoba memainkan ponsel serta gadget lainnya ketika menjelang jam tidur datang. Meski sulit diterapkan, ini adalah jalan alami yang sangat tepat. Pasalnya cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat anda susah terlelap.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi

6. Matikan lampu sekitar

Pastikan tidak ada sumber cahaya dalam area tempat tidur. Cahaya biru lembut dari ponsel, tablet, atau jam digital di meja samping tempat tidur bisa menjadi salah satu penyebab anda tak dapat tidur. Cobalah matikan sumber cahaya dalam kamar satu jam sebelum tidur.

7. Konsumsi buah kaya melatonin

Mengonsumsi makanan yang kaya melatonin memungkinkan tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Cara mengurangi insomnia dengan bahan alami adalah dengan mengonsumsi buah yang kaya melatonin seperti kiwi. Riset menemukan mereka yang makan 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

8. Konsumsi buah pisang

Cara mengatasi insomnia dengan bahan alami adalah dengan mengonsumsi buah pisang. Kandungan potasium, magnesium, triptofan, dan vitamin dalam pisang dapat mengatur fungsi otak & tubuh dengan mengonsumsi pisang maka akan memproduksi kadar hormon optimal seperti melatonin dan serotin yang bakal membantu tubuh menjadi lebih cepat terlelap.

9. Gunakan pewangi aroma lavender

Aroma lavender yang lembut mampu menenangkan pikiran dan juga menciptakan perasaan baik. cara mengatasi sulit tidur dengan bahan alami ini ialah dengan meneteskan minyak lavender pada tempat tidur ataupun pakaian. Dengan cara ini akan membuat tubuh anda ngerasa rileks dan mudah tertidur.

10. Konsumsi jus ceri

Langkah mengatasi insomnia secara alami selanjutnya merupakan dengan jus ceri. Riset pada tahun 2018 menemukan mereka yang minum satu cangkir sari buah ceri dua kali sehari selama dua minggu, mengalami peningkatan waktu tidur sebanyak 84 menit.

11. Konsumsi susu sebelum tidur

Susu mengandung triptofan yang bisa membantu menenangkan tubuh serta membuat tubuh kian rileks sehingga tidur menjadi lebih mudah. Cobalah untuk meminum susu hangat pada setiap malam hari sebelum tidur. Cara menghilangkan insomnia secara natural ini dipercaya sanggup membantu anda agar kian cepat terlelap.

Terima kasih sudah berkunjung ke Isky Blog, Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.