Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sesak Napas

Daftar Isi [Buka]
Sesak napas atau dyspnea adalah kondisi tidak nyaman yang menyulitkan anda bernapas lantaran kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Pernapasan normal terjadi ketika udara menyerap ke paru-paru dan keluar dari paru-paru.

Proses pernapasan sendiri melibatkan bagian tubuh seperti paru-paru, diafragma, otot di dinding dada, pusat pernapasan di otak, jaringan saraf, molekul pensinyalan impuls saraf, serta sejumlah reseptor kimia dan mekanis di otak, dan pembuluh darah. Sesak napas terjadi ketika bagian-bagian tubuh tersebut harus bekerja ekstra untuk bernapas lantaran kurangnya oksigen atau udara yang masuk.

Cara Mengatasi Sesak Napas

Seperti halnya rasa sakit, sesak napas adalah sinyal yang memperingatkan tubuh akan keadaan medis yang terjadi. Sesak napas atau kesulitan tumbuh bisa menjadi tanda penetapan medis tertentu seperti gangguan pada paru-paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), kanker paru-paru, stroke, distrofi muskular, obesitas, anemia, gagal jantung, emboli paru, efusi pleura, penyempitan jantung, kelelahan, hingga serangan panik.

Manggah dapat dirasakan dengan derajat ringan hingga berat. Tersengah-sengah dengan tanda-tanda seperti: kulit pucat atau tampak kebiruan, berdebar (denyut nadi cepat), demam, pingsan, sesak napas berat dan sesak napas yang timbul setelah reaksi alergi adalah kondisi kegawatdaruratan medis yang kudu segera ditangani agar tidak mengancam jiwa.

Sebagai cara mengatasi sesak napas, Anda dapat mencoba menggabungkan antara perubahan gaya hidup, pola makan, & sejumlah pengobatan sesak napas tradisional. Berikut adalah jalan untuk mengatasi sesak napas:

1. Pernapasan Diafragma

Teknik ini juga disebut respirasi perut ataupun pernapasan dalam, dan ditujukan untuk membantu mengelola keluhan sesak napas. Teknik pernapasan diafragma sangat menolong pada saat Anda mengalami sesak akibat masalah kesehatan paru obstruktif kronis.
  • Berbaringlah dengan punggung dalam bawah, letakkan tangan pada atas perut dan lemaskan otot-otot Anda.
  • Bernapaslah dalam-dalam melalui hidung, sehingga perut mengembang dan paru-paru terisi udara.
  • Tahan napas selama beberapa detik.
  • Hembuskan napas secara perlahan melalui mulut sampai udara benar-benar tampak dari paru-paru.
  • Ulangi langkah-langkah di atas hingga 5 datang 10 menit.
  • Lakukan teknik pernapasan ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

2. Bernapas secara Bibir Mengatup

Teknik fotosintesis lain untuk mengatasi manggah adalah menghembuskan napas dengan perantara mulut dengan bibir yang mengatup. Melalui cara ini Anda bisa dengan cepat melambatkan kecepatan bernapas, sehingga membantu mengembalikan pernapasan teratur. Teknik ini juga bisa meredakan stres dan kecemasan.
  • Duduklah dengan nyaman serta lemaskan otot-otot leher serta pundak.
  • Katupkan bibir beserta menekan bibir ke arah tengah.
  • Tarik napas dengan perantara nabi hidung selama beberapa detik.
  • Hembuskan napas secara perlahan melalui bibir yang mengatup sambil menghitung sampai 4.
  • Terus hirup dan hembuskan napas dengan cara dalam atas hingga 10 menit.
Coba lakukan teknik pernapasan ini setiap kali Kamu mulai merasa tersengah-sengah. Kemungkinan besar Anda akan merasa lebih baik hanya pada hitungan menit.

3. Minum Kopi Hitam

Secangkir kopi hitam dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sesak napas. Kafen di dalamnya sehat mengurangi kelelahan otot respirasi dan memperbaiki fungsi saluran fotosintesis. Selain itu, kafein pula sanggup meringankan gejala-gejala asma.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung

Minumlah 1 / dua cangkir kopi hitam kental untuk meredakan rampak napas dan mengembalikan pernapasan wajar. Tapi jangan minum kebanyakan kopi karena malah akan meningkatkan denyut pusat dan tekanan darah.

4. Menghirup Uap Panas

Jika masalah pada pernapasan adalah penyebab keluhan sesak napas, maka trik menghirup uap bisa jadi pilihan yang baik untuk mengatasinya. Mencerup uap dapat positif melancarkan saluran hidung Dikau.

Disamping itu, panas & kelembapan dari uap juga mampu melunturkan dan melarutkan lendir-lendir sehingga mudah untuk dikeluarkan dari sistem respirasi.
  • Tuangkan air mendidih ke di sebuah mangkuk.
  • Tambahkan kaum tetes minyak esensial, misalnya minyak lavender atau minyak peppermint.
  • Posisikan kepala pada atas mangkuk serta bentangkan handuk di kepada penyelenggara sehingga menutupi bagian bagi mangkuk dan kepala negeri.
  • Hirup uap dari air panas dengan tarikan napas yang dalam, lakukan selama masa kurang lebih menit.
Coba lakukan sistem menghirup uap itu kapan pun Anda merasakan hidung tersumbat. Segera sesudah jongor lega, gejala-gejala sesak napas pun akan berkurang.

5. Minum Jahe

Jahe adalah obat pengencer dahak alami yang dapat membantu mengatasi rindang napas akibat penyumbatan di saluran hidung atau dalam dada.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi

Sejumlah kandungan dalam jahe berfungsi membantu menghambat terbentuknya lendir sehingga urip jadi lebih mudah. Selain itu, jahe juga siap mengatasi segala jenis infeksi tenggorokan maupun saluran fotosintesis.
  • Minumlah 2 atau 3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk membuat teh jahe, cukup tambahkan 1 sendok makan potongan jahe segar ke dalam 2 cangkir air mendidih. Biarkan air mendidih hingga 5 atau 10 menit. Saring, dan tambahkan sedikit madu teh jahe sudah siap dinikmati.
  • Selain itu, Anda pula bisa coba mengunyah potongan kecil jahe segar ataupun permen jahe untuk menangani masalah pernapasan.

6. Makan Buah Bit

Bila seksi sesak napas disebabkan oleh anemia karena kurang zat besi, Anda bisa mulai menjarah buah bit untuk memperbaiki kondisi tubuh. Buah bit memiliki banyak kandungan partikel besi, serat, kalsium, potasium, dan beragam vitamin.
  • Campurkan 1 buah bit, 3 wortel, segenggam bayam, dan setengah ubi jalar di dalam blender. Minumlah campuran jus ini sehari sekali.
  • Alternatifnya, pangganglah 1 / 2 buah bit tanpa dikupas kulitnya pada atas kompor. Tunggu mencapai berbatas dingin, lalu kupas kulitnya & makanlah dengan garam serta merica.

7. Herbal Adas

Berdasarkan ilmu pengobatan Ayurveda, herbal atas dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan. Herbal ini memiliki kemampuan pengencer dahak yang bisa memangku pembuangan dahak jadi siap meringankan gejala patogen respirasi. Disamping itu, adas juga mengandung zat ferum yang membantu mengatasi anemia.
  • Cucurkan 1 sendok teh biji adas ke pada secangkir air panas. Tutup cangkir selama 5 sampai 10 menit. Saring, dan tambahkan madu murni secukupnya. Minumlah teh adas tersebut sama banyaknya 2 sampai 3 periode sehari.
  • Anda pula mampu coba mengunyah 1 sendok makan biji adas yang sudah dipanggang.

8. Berhenti Merokok

Entah Anda seorang perokok aktif atau pasif, yang pasti asap rokok ialah salah satu penyebab utama problem sesak napas. Bahan kimia berbahaya di asap rokok sangat merugikan sistem fotosintesis Anda. Jadi, berupayalah berhenti merokok & hindari situasi-situasi dimana Kamu menghirup gas rokok orang lain.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Ingatlah bawha manfaat berhenti merokok bukan hanya untuk memadamkan sesak napas, tetapi juga mencegah puru ajal paru-paru serta penyakit berat lainnya. Jika Dikau kesulitan, mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau orang2 lain yang berpengalaman.

9. Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah cara mengatasi manggah yang sangat baik, khususnya bagi mereka yang kegemukan. Rutin berjalan kaki sehat memperbaiki stamina dan meringankan gejala sulit bernapas. Berat badan pun akan berkurang jika teratur melakukannya.

Ditambah lagi, berjalan kaki juga cara ampuh untuk mengalihkan pikiran sehingga membantu meredakan stres dan kecemasan kedua hal ini dapat memicu tersengah-sengah.

Cobalah berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 sampai 60 menit, 5 kali seminggu, untuk meningkatkan metabolisme serta stamina tubuh Anda.

Ingatlah bahwa teknik-teknik pengobatan di atas bersifat penunjang artinya tidak untuk dijadikan pilihan utama pengobatan sesak napas. Jika sengketa pernapasan cukup berat ataupun sering terjadi, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna menemukan penyebabnya serta cara pengobatan yang terbaik.

Dan walaupun obat-obatan sanggup mengatasi sesak napas, hendak tetapi masalah kesehatan Anda mungkin tidak akan tuntas bila tidak dibarengi secara upaya memperbaiki gaya hidup. Sebagaimana sudah disinggung di atas, Anda perlu dingin merokok, lebih rutin olahraga, dan jangan lupa upayakan pola makan bergizi seimbang.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.