Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Daftar Isi [Buka]
Terkadang smartphone android yang kita beli memiliki beberapa kendala maupun masalah yang tidak terduga. Baik itu masalah sistem operasinya yang tidak kompatibel dengan aplikasi yang di install maupun karena hal yang lain. Salah satu yang sering dijumpai oleh pengguna android yaitu muncul pop up “Sayangnya aplikasi telah terhenti” pada saat membuka aplikasi.

cara-mengatasi-sayangnya-aplikasi-telah-berhenti

Tentu saja hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara. Namun sebelum membahas bagaimana cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti, saya bahas terlebih dahulu apa saja penyebab-penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti.

Penyebab Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Apabila anda tidak mengetahui penyebabnya, maka anda tidak akan mengetahui solusinya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti.

File Cache Menumpuk

File cache merupakan sebuah file yang berisi data yang pernah anda akses melalui aplikasi yang memerlukan jaringan internet. Apabila anda jarang membersihkan file cache, oleh karena itu file cache tersebut akan menumpuk dan mengakibatkan RAM android anda menjadi berat dan lambat ketika membuka aplikasi. Maka dengan keadaan serupa ini, besar kemungkinan membuat aplikasi menutup secara otomatis.

RAM Memory Penuh

RAM adalah satu diantara komponen yang memiliki peran yang sangat penting pada saat anda membuka aplikasi. Karena di saat anda membuka aplikasi, RAM menjadi komponen utama yang mempertahankan aplikasi tersebut tetap terbuka. Dengan demikian RAM bakal cepat penuh apabila sudah tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup memadai.

Dari sekian banyak kasus yang pernah saya jumpai, jika RAM penuh maka aplikasi akan dengan otomatis tidak dapat berjalan dengan lancar bahkan membuat aplikasi itu tiba-tiba keluar dengan sendirinya.

Data Pada Aplikasi Corrupt

Penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti yang berikutnya sangat mungkin karena data pada aplikasi tersebut sudah corrupt sebab pada file obb yang anda unduh bukan melewati aplikasi playstore langsung melainkan melalui website. Hal ini dapat terjadi apabila apliaksi yang anda buka sudah melakukan update patch, sehingga file obb tersebut tidak singkron dengan aplikasinya. Hal itu menyebabkan aplikasi tidak dapat dibuka dan muncul popup Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti.

OS Android Anda Tidak Kompatibel

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memproduksi operating system (OS) semakin canggih dan bertambah aman untuk menyimpan data pribadi para penggunanya. Hal tersebut tentunya memerlukan pembaruan sistem, salah satunya ialah aplikasi. Untuk anda pengguna android lama, akan terjadi sedikit kendala pada saat anda membuka aplikasi yang baru.

Jadi asalkan aplikasi yang anda jalankan adalah apliaksi yang menyarankan untuk menggunakan perangkat android dengan sistem operasi Nougat 7.0 Namun anda menjalankan operasi tersebut di dalam perangkat android dengan bentuk operasi Ice Cream Sandwich 4.0 Maka nantinya aplikasi ini tidak bisa berjalan dengan normal.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Sudah Berhenti

Jadi anda sudah tau kan penyebab-penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti? Setelah anda mengetahui segala sesuatu penyebab-penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti, maka sekarang anda dapat lanjut untuk mengetahui mengenai cara mengatasi sayangnya aplikasi sudah berhenti. berikut ini ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menangani masalah tersebut.


Hapus Cache Pada Smartphone Anda

Seperti yang telah sedikit saya jelaskan di atas, cache akan menyebabkan RAM cepat penuh karena berisi data-data yang pernah kita akses. Cache ini berperan ketika anda mengakses data pada aplikasi itu, maka akan lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Cache tersebut harus sering dibersihkan supaya RAM mempunyai ruang untuk membuka aplikasi.

Berikut cara membersihkan cache pada smartphone anda:
  1. Silahkan anda buka pengaturan/setting pada smartphone anda
  2. Setelah itu anda ke penyimpanan terus klik/tap pembersih
  3. Silahkan anda bersihkan cache.
  4. Maka akan secara otomatis cache yang menumpuk akan dibersihkan.
Anda juga bisa membersihkan cache aplikasi secara satu persatu. Caranya yaitu:
  1. Anda buka Pengaturan
  2. Setelah itu ke kelola Aplikasi
  3. Silahkan anda klik aplikasi yang ingin anda pilih
  4. Terus Klik/Tap Hapus Cache

Restart Smartphone Android Anda

Error dapat menyebabkan berbagai masalah. Baik tersebut sinyal maupun aplikasi. Aplikasi yang telah terkena dampak error, maka bakal sulit dalam proses membukanya. Bahkan aplikasi tersebut tidak dapat dibuka sama sekali.

Cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara merestart smartphone android anda. Atau mematikan android selama 5-10 menit kemudian menghidupkannya kembali. Maka android akan kembali berjalan normal.


Mematikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi dapat berjalan dengan normal apabila kapasitas RAM pada smartphone android anda tidak penuh. Namun apabila RAM pada smartphone android anda penuh, maka akan menyebabkan aplikasi tidak dapat dibuka. Karena di saat anda membuka aplikasi, RAM yang akan memproses supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan normal.

Tidak jarang beberapa pengguna android malas ataupun lupa untuk membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Padahal sebenarnya hal tersebut akan meneybebabkan RAM terus berjalan untuk menjalankan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga sesuatu ini akan menyebabkan RAM memiliki sedikit ruang untuk menjalankan aplikasi selanjutnya.

Cara membersihkan atau menutup aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang sangatlah mudah. anda hanya tinggal klik tombol Recent App yang terletak di sebelah Tombol Home. Maka akan muncul beberapa aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Untuk menutupnya, anda bisa geser di kanan atau ke kiri maupun klik Tombol Clear All. Setiap android tentunya memiliki cara yang berbeda-beda.

Mengupdate Aplikasi Pada Smartphone

Cara untuk mengatasi sayang aplikasi telah berhenti yang selanjutnya adalah dengan mengupdate atau memperbarui aplikasi. Permasalahan yang sering terjadi biasanya karena terdapat data yang error ketika aplikasi tersebut tidak di update. Dengan memperbarui aplikasi, anda dapat mengatasi bug – bug tersebut.


Jadi alangkah lebih baiknya untuk kerap melakukan update. Selain mengatasi error akibat apliaksi tidak dapat dibuka. Dengan melakukan update atau pembaruan juga dapat meningkatkan performa dari aplikasi itu sendiri serta mengizinkan adanya kurang lebih fitur baru yang ditambahkan pada aplikasi tersebut.

Install Ulang Aplikasi Pada Smartphone

Kadang kala terdapat beberapa data yang error dari aplikasi tersebut, sehingga apliaksi tersebut tidak dapat dibuka. Solusi untuk masalah tersebut yaitu anda install ulang aplikasi itu. Walaupun bakal memerlukan kuota internet yang lebih, namun aplikasi yang anda install ulang ini akan kembali berjalan dengan normal.

Download Aplikasi Melalui Playstore

Secara mendownload aplikasi melalui playstore secara langsung bisa mengatasi masalah sayangnya operasi telah berhenti. Karena apabila kita mengunduh file aplikasi melalui blog/website, biasanya pada saat aplikasi tersebut dibuka akan terjadi force close atau aplikasi tidak siap dibuka karena file pada aplikasi berbeda patch dengan aplikasinya. Maka sangat dianjurkan untuk mendownload file aplikasi melalui playstore secara langsung agar aman dan tidak terjadi error.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.