Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Daftar Isi [Buka]
Radang tenggorokan dapat terjadi kurang dari 2 minggu dan menyerang secara mendadak dan juga reda setelah beberapa waktu. Ada berbagai cara untuk mengatasi radang tenggorokan tanpa menggunakan obat khusus, misalnya dengan istirahat, dan memperbanyak minum air putih.

Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan munculnya sakit tenggorokan, keluhan ini yang paling sering disebabkan oleh virus dan infeksi, serta sebagian kecil yang disebabkan oleh bakteri. Jika anda merokok, menggunakan rokok elektrik dan polusi udara juga bisa memicu iritasi yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Penyebab lainnya berupa reaksi dari alergi, hingga refluks asam lambung.

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan dibagi menjadi dua golongan besar yaitu penyebab infeksi dari virus & bakteri dan penyebab non infeksi alergi, iritan, GERD, dan tumor. Dari sekian banyak penyebab radang tenggorkan yang paling sering adalah infeksi dari virus, virus yang juga menyebabkan common cold (pilek) & Influenza (flu).

Penyebab Radang Tenggorokan Infeksi Virus

Berikut adalah infeksi virus yang menyebabkan radang tenggorokan meliputi:

  1. Common cold
  2. Flu (influenza)
  3. Mononucleosis (mono)
  4. Virus Campak
  5. Virus Cacar air
  6. Virus Croup

Penyebab Radang Tenggorokan Infeksi Bakteri

Berikut adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan meliputi:

  1. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes.
  2. Batuk rejan, infeksi saluran pernafasan yang sangat menular.
  3. Difteri, penyakit pernapasan serius yang jarang terjadi di negara-negara industri, tetapi lebih sering berlangsung di negara berkembang.

Penyebab Radang Tenggorokan Non-Infeksi

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Alergi

Misalnhya saja alergi terhadap hewan, jamur, debu dan serbuk sari dapat menyebabkan radang kerongkongan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia

Kekeringan

Kekeringan yang dimaksud disini yaitu kering di tenggorokan, biasanya ini dikarenakan suhu udara yang sangat panas serta anda kurang minum air putih. Anda sering bernapas melalui mulut dikarenakan hidung tersumbat pula dapat menyebabkan kering di dalam tenggorokan anda dan berlanjut jadi radang tenggorokan.

Iritasi

Iritasi pada tenggorokan banyak penyebabnya terutama akibat makanan seperti makan goreng-gorengan, keripik, makanan pedas, ciki-ciki dan minumanan beralkohol. selain makanan juga bisa diakibatkan dari polusi udara dan asap rokok.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sesak Napas

Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD adalah gangguan sistem pencernaan di mana asam lambung atau isi lainnya dari lambung kembali ke atas atau biasa di sebut reflux. Karena isi asam lambung yang bersifat mengiritasi tenggorokan jadi bisa menyebabkan radang tenggorokan. Tanda-tanda atau gejala lain mungkin muncul seperti perut mulas, suara serak, regurgitasi isi perut (muntah) dan sensasi benjolan pada tenggorokan.

Infeksi HIV

Radang tenggorokan dan gejala seperti flu dapat muncul pada awal-awal setelah seseorang positif terkena HIV. Orang yang terkena HIV juga bisa mengalami radang tenggorokan kronis atau berulang dikarena infeksi sekunder dan dapat juga terkena infeksi jamur yang disebut oral trush dan luka sitomegalovirus.

Tumor

Penyebab radang tenggorokan yang satu ini termasuk jarang sekali, tumor ataupun kanker pada tenggorokan, lidah atau pita suara (laring) dapat menyebabkan radang tenggorokan. Tanda-tandanya seperti suara serak, kesulitan menelan, bernapas berisik, benjolan pada leher, & darah dalam air liur / dahak ketika anda batuk.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan akan dapat menimbulkan sebuah gejala yang bervariasi bagi setiap penderitanya. Berikut ini ciri-ciri radang tenggorokan seperti:

  1. Suara anda menjadi sangat serak.
  2. Disertai dengan adanya demam.
  3. Mengalami pembesaran di amandel.
  4. Mengalami nyeri saat anda menelan makanan.
  5. Bagian tenggorokan yang terasa sangat nyeri.
  6. Tenggorokan menjadi cepat kering dari pada biasanya.
  7. Mengalami gangguan ataupun kesulitan untuk berbicara.
  8. Disertai beserta munculnya batuk yang sangat menjengkelkan.
  9. Adanya pembesaran di kelenjar getah bening di bagian leher.
  10. Terdapat bercak berwarna kemerahan pada bagian langit-langit mulut.
  11. Harus mengeluarkan dahak dari dalam kerongkongan secara terus-menerus.


Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Berikut adalah cara yang dapat anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, menyebar, atau mulai perih saat anda menelan makanan.

Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat membantu anda meredakan nyeri serta rasa panas pada kerongkongan. Di karenakan saat berkumur dengan air garam selama beberapa kali sehari dapat mengurasi bengkak pada tenggorokan dan mencairkan lendir-lendir serta dapat membantu membilas bateri yang ada dan berbagi penyebab iritasi sehingga meringankan ketidak nyamanan anda saat menelan makanan.

Berikut adalah cara mengatasi radang tenggorkan dengan air garam:

  • Silahkan anda campur 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat.
  • Anda aduk sampai garam larut.
  • Kemudian silahkan anda berkumur dengan air tersebut selama beberapa detik.
  • Keluarkan air tersebut dari mulut anda.
  • Jika masih terasa silahkan anda berkumur lagi sampai rasa nyeri nya hilang.
  • Lakukan berkumur dengan air garam sampai beberapa kali sepanjang hari.


Penuhi Cairan Tubuh

Jika anda mengalami radang tenggorokan hal yang anda perlu minum air putih yang banyak untuk meringankan rasa sakitnya. Karna menjaga cairan tubuh adalah bagian yang penting dari pengobatan radang tenggorokan.

Jadi saat anda kekurangan cairan pada tubuh anda, tubuh anda tidak dapat menghasilkan cukup air liur atau lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan dapat membuat peradangan  makin buruk. Anda harus mengomsumsi banyak air putih sehingga urin anda berwarna jernih dikarenakan akan membuat selaput lendir anda dapat lembab dan bekerja lebih baik untuk melawan bakteri dan penyebab iritasi seperti alergen dan membuat sistem kekebalan tubuh anda jauh efektif untuk memerangi gejala pilek dan flu.

Permen Pelega Tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan anda. Ketiga bahan ini mengandung properti anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan. Permen & obat batuk berfungsi meningkatkan produksi air liur serta menjaga tenggorokan anda tetap basah. Namun sesuai namanya, permen ini bisa melegakan tenggorokan gatal anda, walaupun hanya sementara dan sangat efektif.

Air Perasan Lemon

Kandungan astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan kerongkongan & menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus & bakteri penyebab iritasi. Anda cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon pada secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali sehari.

Berkumur Dengan Cuka Apel

Bila tenggorokan anda meradang akibat batuk hebat, atasi dengan 1 sendok makan cuka sari apel yang dicampurkan dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan pada segelas air hangat. Gunakanlah sebagai obat untuk berkumur kurang lebih beberapa kali sehari, jika diperlukan.

Cuka apel ini bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan anda sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi bakteri & virus untuk dapat bertahan hidup. Untuk perawatan yang lebih ringan, campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur menggunakan ramuan tersebut setiap 4 jam.

Berkumur Dengan Air Kunyit

Rempah berwarna kuning tersebut merupakan antioksidan yang sangat kuat, serta pula bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Untuk meredakan radang tenggorokan anda cukup campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Mandi Dengan Air Hangat

Menghirup udara lembab dapat membantu untuk meringankan pembengkakan akibat panas radang kerongkongan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. Ganti air dingin yang biasa anda gunakan untuk mandi dengan air hangat, atau anda bisa mengisi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dengan menggantung selembar handuk dalam atas kepala anda untuk menjaga uap hangat tersebut tidak keluar dari mangkuk

Baca Juga: Manfaat Bunga Lindah Mertua

Tarik napas dalam-dalam selama kurang lebih menit dan terus lakukan lagi selama beberapa saat untuk meringankan rasa linu pada tenggorokan. Alternatif lainnya, anda bisa menggunakan humidifier udara.

Obat Pereda Nyeri

Salah satu obat paling efektif untuk radang kerongkongan kiranya hanya berjarak beberapa meter dari anda saat ini: obat pereda nyeri (NSAID), seperti aspirin, parasetamol/ibuprofen. Obat-obatan ini ialah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti peradangan, sehingga membuat anda merasa nyaman dan juga mengurangi beberapa pembengkakan yang terkait dengan sakit tenggorokan. Selain itu, obat-obatan golongan ini juga dapat meredakan gejala demam & flu yang mungkin mengikuti tenggorokan anda.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel