Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi WhatsApp Error dan Penyebab WhatsApp Error

Daftar Isi [Buka]
Cara Mengatasi WhatsApp Error - WhatsApp (WA) adalah aplikasi chatting terbaik saat ini dan memiliki pengguna yang paling banyak, paling tidak di Indonesia. Aplikasi yang terkoneksi dengan nomor hp ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah kemudahan dan kesederhanaannya sehingga memikat banyak pengguna untuk menggunakan WhatsApp (WA).

Namun aplikasi ini kadang sering mengalami masalah, baik itu down maupun kesalahan pengguna yang membuat whatsapp error. Ada banyak sekali penyebab WhatsApp (WA) error yang membuat pengguna tidak bisa menggunakan fitur tertentu sampai tidak bisa aplikasi whatsapp sama sekali.

Penyebab WhatsApp Error

Cara Mengatasi WhatsApp Error

Ada beberapa penyebab yang berakibat pada error nya WhatsApp (WA), dan setiap penyebab memiliki gejala atau ciri-cirinya tersendiri. Ada yang disebabkan oleh jaringan, kesalahan saat proses download, hingga error yang disebabkan oleh perbaikan sistem pada whatsapp.

Tentu akan sangat menyebalkan ketika WhatsApp yang merupakan aplikasi chatting terbaik yang sering digunakan untuk kegiatan sosial maupun pekerjaan tiba-tiba tidak bisa digunakan. Tapi tenang, selalu ada solusi untuk mengatasi whatsapp (wa) error. Berikut ini adalah cara mengatasi whatsapp errpr dan penyebab kenapa wa error:

Penyebab WhatsApp Error Tidak Bisa Dibuka

Salah satu masalah yang menyebabkan kenapa WhatsApp error adalah ketiadaan koneksi jaringan internet. Biasanya masalah jaringan ini akan membuat WhatsApp tidak dapat dibuka.

Tentu hal ini akan membuat anda panik, apalagi ketika anda benar-benar sedang membutuhkan aplikasi WhatsApp untuk keperluan pekerjaan yang mendesak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Tag Lokasi

Tapi tidak hanya persoalan ketiadaan jaringan internet yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa dibuka atau error. Bisa juga karena aplikasi Task Killer yang anda pasang di smartphone mematikan Aplikasi WhatsApp, terlalu banyak cache, atau ada masalah saat download serta pemasangan aplikasi WhatsApp pada smartphone anda.

Penyebab WhatsApp Error Setelah Update

Masalah lain yang sering dikeluhkan para pengguna WhatsApp ialah WhatsApp error setelah melakukan update. Menyebalkan sekali kan? Bukannya mendapat layanan yang lebih baik sesudah melakukan update, justru error yang didapat hahahaha. Keperluan yang harus segera dilakukan melalui Aplikasi WhatsApp menjadi tertunda akibat masalah ini.

Beberapa penyebab kenapa WhatsApp error sehabis update ialah karna ruang penyimpanan saat melakukan update tidak cukup, atau bisa juga dari masalah yang terjadi dari tempat anda mengdownload, misalnya dari Google PlayStore. Jadi anda harus perbaiki dulu Google Play Store anda untuk bisa kembali melakukan update ulang.

Penyebab WhatsApp Error Tidak Dapat Kirim Pesan

Hal menyebalkan lain yang sering terjadi pada aplikasi whatsapp (wa) ialah WhatsApp error tidak bisa kirim pesan. Kadang kesel kan karna sudah dapat dibuka aplikasi whatsapp, sudah bisa mengetik di dalamnya, namun ketika pesan itu dikirimkan malah tidak dapat terkirim walau beberapa kali di coba.

Baca Juga: Cara Mengatsi SIM Card Tidak Terbaca

Hal tersebut pasti akan sangat mengganggu bagi orang-orang yang lumayan sangat butuh Aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, antara lain:

  • Tidak ada jaringan internet di smartphone
  • Terlalu banyak cache di Aplikasi WhatsApp
  • Data di dalam aplikasi WhatsApp penuh
  • Ada aplikasi lain yang membuat aplikasi WhatsApp tertutup atau tidak aktif.

Banyak penyebab ini yang bisa anda identifikasi dan segera anda atasi untuk bisa kembali menggunakan Aplikasi WhatsApp di smartphone anda.

Penyebab WhatsApp Down

Masalah lain yang juga seringkali dikeluhkan para pengguna Aplikasi WhatsApp adalah WhatsApp sering down. Masalah ini bukan disebabkan oleh tidak ada jaringan internet, banyaknya cache pada aplikasi WhatsApp, data aplikasi WhatsApp terlalu penuh, masalah download atau pemasangan pada aplikasi whatsapp, dan juga karena adanya aplikasi lain yang membuat WhatsApp menjadi tidak aktif.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

WhatsApp down biasanya berasal dari masalah yang terjadi pada server WhatsApp sehingga seluruh pengguna Aplikasi WhatsApp tidak bisa memakai aplikasi whatsapp ini dalam waktu yang tidak tentukan. Jika sudah begini, bakal banyak orang yang mengeluh karena aktivitasnya menjadi terhambat.

Cara Mengatasi WhatsApp Error

Kini setelah mengetahui penyebab whatsapp error, tentu yang dipertanyakan ialah cara mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan cara mengatasi whatsapp error:

Baca Juga: Cara Mengatasi Bug Media Server

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Sudah dijelaskan sebelumnya penyebab dan ciri-ciri dari WhatsApp tidak bisa dibuka. Selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah cara mengatasi masalah tersebut sehingga aplikasi WhatsApp bisa dibuka & digunakan untuk berkomunikasi kembali. Berikut cara mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka:

  • Pastikan aplikasi WhatsApp yang terpasang adalah versi terbaru.
  • Pastikan koneksi internet anda baik dan stabil. Cek juga ketersediaan kuota anda jika anda mempergunakan koneksi data mobile.
  • Pastikan tidak ada aplikasi semacam Task Killer yang mematikan Aplikasi WhatsApp.
  • Hapus cache dengan cara masuk menu Setting, kemudian pilih menu Aplikasi, lalu pilih Aplikasi WhatsApp, kemudian tekan tombol Clear Cache.
  • Cara terakhir ialah dengan install kembali Aplikasi WhatsApp anda di Google PlayStore.

Cara Mengatasi WhatsApp Error Setelah Update

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa masalah yang membuat whatsapp tidak bisa digunakan sesudah update bisa jadi terdapat pada Google PlayStore.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Jadi yang mesti anda perbaiki adalah Aplikasi Google PlayStore. Berikut cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki Google PlayStore agar bisa kembali menggunakan aplikasi WhatsApp:

  • Hapus aplikasi yang Tidak terpakai.
  • Masuk menu Setting, kemudian pilih menu Apps, lalu pilih All, lalu pilih Google PlayStore, setelah itu tekan Clear Cache.
  • Masuk menu Setting, lalu pilih Apps, geser ke tab All serta gulir ke bawah sampai menemukan aplikasi Google Play Store. Buka dan pilih Force Stop, lalu anda pilih Clear Data.
  • Jika masih tidak bisa, coba hapus aplikasi WhatsApp kemudian unduh dan pasang WhatsApp dari website Google Play Store.

Cara Mengatasi whatsapp Tidak Dapat Kirim Pesan

Salah satu penyebab WhatsApp tidak dapat kirim pesan ialah karena tidak ada jaringan internet. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi whatsapp tidak dapat kirim pesan, berikut adalah cara nya:

  • Cek koneksi internet anda.
  • Cek apakah WhatsApp bisa mengakses internet.
  • Pastikan WhatsApp selalu aktif.
  • Hapus cache pada aplikasi WhatsApp.
  • Hapus data pada aplikasi WhatsApp.
  • Update Aplikasi WhatsApp anda.

Cara Mengatasi WhatsApp Down

Jika WhatsApp tidak bisa melakukan apapun bahkan tidak bisa mengirim pesan, dan ketika dicek ternyata jaringan internet tidak terjadi masalah, data dan cache sudah dibersihkan, maka bisa jadi Aplikasi WhatsApp sedang mengalami down.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Android Lemot

Hal bisa saja terjadi karena terjadi masalah pada server WhatsApp secara Global, sehingga bukan anda saja yang mengalaminya.

Bila demikian, tidak ada yang bisa anda lakukan selain menunggu server WhatsApp selesai diperbaiki dan Aplikasi WhatsApp bisa kembali digunakan. Tapi jika anda memiliki keperluan mendesak dan membutuhkan aplikasi chatting, maka lebih baik anda berpaling dulu ke aplikasi lainnya.

Ciri-ciri WhatsApp error

Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa aplikasi WhatsApp milikmu sedang error. Agar anda tidak bingung, anda harus mengetahui ciri-ciri tersebut & segera mencari solusi yang tepat. Berikut ini adalah ciri-ciri aplikasi WhatsApp error:

Baca Juga: Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot 

Tidak Mendapat Kode Aktivasi WhatsApp

Jika anda sudah memasang aplikasi WhatsApp dan anda tidak mendapat kode aktivasi, bisa jadi aplikasi WhatsApp anda error. Pertama, pastikan anda memasukkan nomor handphone yang tepat.

Jangan lupa untuk memasukkan data anda secara benar. Tidak hanya itu, pastikan juga sinyal dan koneksi internet anda stabil saat Aplikasi WhatsApp mengirim kode aktivasi.

Tidak Dapat Mendeteksi Kontak di WhatsApp

Salah satu ciri WhatsApp error ialah tidak bisa mendeteksi kontak. Jika demikian, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan nomor anda benar.

Baca Juga: Cara Mengatasi HTTP URL Not Found Indosat

Gunakan versi Aplikasi WhatsApp yang terbaru supaya tidak ada pengaturan yang error. Setelah itu, periksa apakah anda sudah biasa mengatur daftar kontak pada smartphone anda dapat dibaca aplikasi whatsapp.

Terdapat Kontak Ganda

Selain tidak bisa mendeteksi kontak, WhatsApp yang sedang error pun kerap kali menggandakan kontak. Untuk mengembalikan seperti semula, anda tinggal mengunduh aplikasi WhatsApp yang versi terbaru. Dapat juga anda menghapus langsung kontak ganda tersebut secara manual atau dengan perantara situs khusus.

Cara Mengatasi Video di WhatsApp Tidak Bisa di Putar

Berkirim pesan multimedia merupakan hal penting bagi aplikasi chat sebagaimana pada aplikasi WhatsApp. Kalau video dalam WhatsApp tidak dapat diputar, pastikan anda sudah memiliki Aplikasi Google Photos versi terbaru. Jika belum, anda harus mengdownload aplikasi nya di Google PlayStore.

Cara Mengatasi Pesan Audio di WhatsApp Tidak Bisa di Putar

Jika pesan audio yang anda terima tidak bisa diputar, bisa dipastikan ada yang error di Aplikasi WhatsApp anda. Masalah ini bisa jadi berhubungan dengan fitur proximity sensor yang sangat diandalkan sama WhatsApp. Pastikan fitur tersebut tidak error serta jangan dekatkan ke wajah dan telinga saat ingin memutar pesan audio.

Terima kasih sudah membaca aritkel ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian. Terima Kasih, Isky Blog
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.